Trik Agar Cabe Berbuah Lebat

-- --
Agar tanaman cabe subur dan berbuah lebat | Selamat datang di , tempat menyebarkan seputar tanaman dan berkebun. Kali ini kita akan berguru cara membuat tanaman cabe biar berbuah lebat. Tanaman cabe merupakan tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Tanaman yang termasuk dalam family "Solanacearum" ini tidak banyak syarat untuk tumbuh. Asalkan kita rajin menyiram air pada areal pertanamannya, maka tanaman cabe akan tumbuh subur dan berbuah banyak. Ditambah apalagi kalau dalam penanaman dan perawatannya dilakukan dengan kasih sayang. :) Ya, tanaman cabe juga makhluk hidup, dan saya percaya perlakuan kita terhadapnya akan menunjukkan dampak besar bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Tanaman yang diperlakukan asal-asalan dan ala kadarnya tumbuhnya pun tidak akan maksimal.
Baiklah, selanjutnya akan saya berikan pada anda trik biar tanaman cabe tumbuh subur dan berbuah lebat.

Teknik membuat tanaman cabe berbuah lebat dan banyak

 1. Teknik Penyiraman dan Ketersediaan unsur hara pada tanaman cabe

agar cabe berbuah lebatPersoalan utama dalam menanam cabe umumnya terletak pada kurangnya asupan air. Ketika tanaman cabe sudah memunculkan buah terkadang kita sudah mantap dan senang, padahal justru  pada ketika itu cabe membutuhkan air yang cukup untuk melaksanakan pertumbuhan.

Demikian juga halnya dengan unsur hara, areal pertanaman cabe yang terlalu banyak diperlakukan secara kimia, besar kemungkinan unsur hara tanahnya banyak tertutupi oleh kadar kimia tersebut. Disamping itu dampak lain dari penggunaan materi kimia untuk memperbaiki unsur hara tanah juga kurang rupawan untuk kesehatan karena sayuran akan menyerap zat-zat kimia yang berbahaya untuk badan pada ketika kita mengkonsumsinya.

Teknik biar tanaman cabe subur dan berbuah lebat berikutnya ialah sebisa mungkin perlakukan tanah dan tanaman anda dengan cara alami.
Salah satu caranya ialah dengan mengaplikasikan pupuk kompos atau pupuk cair organik. Penggunaan pupuk kompos/pupuk organik cair akan membuat tanah dan tanaman anda tumbuh dengan baik. Kelebihan lainnya ialah mudahnya untuk menerima pupuk kompos berkualitas ketimbang pupuk kimia. Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian atau bahkan bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan limbah yang ada di sekitar anda.
Cara membuat pupuk organik dari limbah rumah tangga

2. Penanganan Hama tanaman cabe

membuat cabe berbuah lebatCara merawat tanaman cabe biar berbuah lebat lainnya ialah pada duduk perkara penanganan hama. Pestisida kimia sesungguhnya tidak membasmi serangga hama, malah menciptakan bentuk pertahanan gres bagi hama serangga. Selain itu bahkan pestisida kimia juga mempercepat terjadinya pembuahan pada telur serangga hama. Gunakan pestisida alami. Anda bisa membuat pestisida nabati dengan cara yang sangat sederhana dan mudah, bahan-bahannya juga cukup tersedia di sekitar lingkungan anda.
Teknik membuat pestisida alami salah satunya dengan memanfaatkan daun-daun tanaman yang biasanya banyak tumbuh disekitar lingkungan anda, anda juga bisa membuat pestisida nabati yang ampuh dan ramah terhadap lingkungan, pestisida alami khusus untuk membasmi serangga penghisap, jenis kutu-kutuan, dan hama tanaman cabe lainnya.

3. Penyiangan Gulma tanaman cabe

trik biar tanaman cabe suburTanaman cabe sangat perlu sekali dilakukan penyiangan, namun penyiangan disini maksudnya tidak untuk membasmi gulma secara keseluruhan, karena gulma juga berperan besar dalam metode pengendalian hama secara alami pada areal pertanaman cabe.
Penyiangan yang paling utama diperhatikan ialah pada perakaran dan batang tanaman cabe. Gulma yang tumbuh erat perakaran tanaman cabe silahkan dibersihkan. Bersihkan pula daun-daun yang sudah kering dan mati pada bab pangkal batang, Jika ada daun-daun yang sudah mati silahkan dipangkas saja, demikian juga dengan tunas yang tidak penting sebaiknya dipangkas saja. Tak perlu merasa sayang karena yang kita inginkan dari tanaman cabe ialah rimbunnya buah, bukan sekedar suburnya daun.
Selain pemangkasan yang perlu diperhatikan lagi ialah memangkas buah dan daun yang terserang penyakit, ibarat klorosis pada daun, anyir buah atau antraknosa pada buah.

4. Perempelan tanaman cabe

cara merawat tanaman cabe biar berbuah lebatPerempelan merupakan kegiatan  memotong tunas aksiler (tunas samping) yang terletak pada ketiak daun. Perempelan bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bunga cabe sehingga proses fertilisasi untuk menghasilkan buah segera terjadi.
Pemotongan tunas (perempelan) pada tanaman cabe yang dibudidayakan di tempat dataran rendah sebaiknya dilakukan ketika tanaman cabai berumur 3 minggu. Sedangkan untuk tanaman cabe yang dibudidaya di lahan dataran tinggi dapat dilakukan ketika tanaman berumur 1 bulan.
Teknik perempelan tanaman cabe: potong 1-2 tunas aksiler di ketiak daun pada tanaman induknya dengan menggunakan gunting atau, potong tunas dengan tangan terbuka dengan cara dipetik manual.



 

 

5. Aplikasikan pupuk tanaman yang Tepat.

Saat anda menginginkan tanaman cabe anda berbuah, maka aplikasikan pupuk yang kaya dengan unsur P dan K. Kurangi pupuk yang lebih banyak didominasi unsur N nya. Pupuk yang mengandung unsur Nitrogen lebih banyak didominasi hanya akan merangsang kesuburan daun saja. Kalau perlu aplikasikan juga zat pengatur tumbuh atau ZPT.

6. Tempatkan Tanaman Cabe pada Wadah yang sesuai

agar tanaman cabe cepat berbuah
sumber: serbacabe.wordpress
Ini yang jarang sekali diperhatikan oleh para petani/pecinta tanaman cabe. Tanaman cabe ternyata mempunyai akar yang sangat banyak dan cukup memakan tempat. Seringnya saya melihat orang menanam cabe dalam pot yang sedemikian sempit, padahal tanaman cabe membutuhkan ruang yang cukup luas untuk akarnya.
Jika dirasa wadah/pot tanaman cabe sudah tidak bisa menampung perakaran cabe maka segera ganti dengan yang gres dan lebih besar. Hati-hati pada ketika mengganti pot tanaman cabe biar tidak merusak perakaran yang ada. Sertakan juga tanah dari pot asal biar tanaman cabe tidak stres.



Keenam langkah diatas kalau anda terapkan insya Yang Mahakuasa tanaman cabe yang subur dan berbuah lebat akan anda dapatkan.
Demikian Trik biar tanaman cabe subur dan berbuah lebat yang bisa saya berikan untuk anda. Silahkan anda baca pula cara menanam cabe dalam polybag dan teknik membasmi hama tanaman cabe.
Terima kasih sudah berkenan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Trik Agar Cabe Berbuah Lebat"

  1. Kami IONQQ * NET Agen Poker Terpercaya dengan 5 support bank ( BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON )
    Dengan Minimal Deposit Rp. 20,000,- | pin bb:58ab14f5

    BalasHapus