Cara Menanam Tomat Mudah dan Praktis

-- --
Cara menanam Tomat | Selamat berjumpa kembali di Blog para calon petani-petani sukses. Kali ini saya akan membahas wacana teknik budidaya Solanum lycopersicum. Hayo...apa itu? Masih ingatkah pelajaran biologi di SMA wacana nama-nama latin dari buah-buahan? Ya benar sekali, kita kali ini akan membahas wacana cara menanam buah tomat. Tak perlu berdebat tomat itu termasuk buah atau sayuran, yang terpenting mari kita berguru untuk membudidayakannya karena tanaman tomat ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebelum kita lebih jauh membahas cara menanam tomat yang mudah, saya ceritakan dulu pengalaman kegagalan saya dalam menanam buah yang satu ini. Sebenarnya membudidayakan tanaman tomat itu gampang-gampang susah. Saya menanam tomat sudah berulangkali, mulai dari di pot, pekarangan bahkan di tanah bebas pinggir jalan. Yang paling sering terjadi yakni tanaman tomat yang saya tanam awalnya tumbuh subur dan menyerupai menjanjikan. Apalagi dikala menyaksikan pentil-pentil muda bergelantungan di cabang-cabang pohon tomat. Tetapi setelah itu apa yang terjadi? Negara api menyerang dan daun-daun tomat mulai aneh. Keriting dan pucat layu. Buah tomat kecil-kecil yang diperlukan akan menjadi besar dan ranum tinggallah harapan. 
Cukuplah saya kira curhatan saya ini, kembali ke topik permasalahan cara menanam tomat. Anggaplah anda sudah kenal dengan jenis-jenis tomat yang akan ditanam. Berikut ini akan saya jabarkan step by step cara menanam buah tomat.

Teknik Budidaya Tanaman Tomat

1. Bibit dan Persemaian Benih tomat

buah tomat emas
buah tomat emas
Langkah pertama yakni menyiapkan bibit tomat yang hendak ditanam. Anda punya dua pilihan; membeli bibit di toko pertanian atau via online. Atau yang kedua menyiapkan bibit sendiri dari buah tomat yang renta dan segar. Kalau anda newbie maka saya sarankan beli bibit tomat saja di toko-toko pertanian.  Saya sarankan juga belilah benih tomat hibrida/unggul biar nanti kesannya tidak mengecewakan. Setelah benih tomat ini siap, maka step berikutnya yakni menyemai benih tomat. Kenapa perlu disemai terlebih dahulu, tidak pribadi ditanam di tanah menyerupai jagung misalnya?  Karena menyerupai halnya dengan tanaman-tanaman ringkih lainnya Benih tomat harus disemai dulu sebelum ditanam. Persemaian dilakukan didalam kotak pesemaian (tray), dengan media persemaian   yakni campuran tanah, arang sekam, dan pupuk kandang. Perbandingannya kurang lebih 1:1:1. Benih ditanamkan kedalam kotak pesemaian, dan dipelihara hingga umur 25-30  hari setelah semai.Sediakan tempat persemaian yang representatif berupa bedengan khusus, diberi atap peneduh untuk   mencegah   curahan hujan jangan hingga merusak benih tomat yang masih lemah. Usahakan tempat pesemaian aman dari gangguan binatang. Saat masih dalam tahap persemaian penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan Hand Sprayer. Setelah dirasa cukup berpengaruh pindahkan ke tempat penanamannya di lapang. Bisa juga untuk lebih hati-hatinya bibit terlebih dahulu dipindahkan ke polibag, menunggu dikala ditanam di tempat penanamannya.

Bacaan alternatif : Cara Menyemai bibit tomat

2. Menanam bibit buah Tomat

bibit buah tomat
bibit buah tomat
Apabila dirasa tomat sudah layak untuk ditanam dan lahan juga sudah siap, maka bibit dapat segera ditanam. Yang perlu diperhatikan yakni  waktu tanam dan jarak tanam. Waktu tanam berkaitan erat dengan iklim. Ada tanaman yang cocok ditanam di ekspresi dominan penghujan, sedangkan Jarak tanam diubahsuaikan dengan morfologi tanaman dan tingkat kesuburan tanahnya. Karena tanaman tomat pun yakni makhluk hidup, mengatur jarak tanam tomat berarti memberi ruang lingkup hidup yang sama/merata. Selain itu juga akan diperoleh barisan-barisan tanaman yang teratur dan mudah dalam melaksanakan pengelolaan tanaman selanjutnya.
Bibit yang sudah siap tanam dicabut dipersemaian beserta akarnya bila bibit berasal dari persemaian pribadi ditanam pada lubang tanam dengan jarak 70x60 cm, Sewaktu penanaman bibit diusahakan tanaman tomat tidak menyentuh tanah, biar tanaman tidak membusuk dan terkena penyakit akhir kotoran disebabkan oleh tanah, dikala yang paling sempurna untuk penanaman tomat yakni 2-4 ahad sebelum hujan terakhir. Penanaman tomat dilakukan pada sore hari biar tanaman tidak layu dan dapat menyesuaikan diri pada lahan yang ditanami.

3. Pemupukan Buah Tomat

buah tomat merah
buah tomat merah
Menurut penelitian ternyata tomat merupakan salah satu sayuran dengan kandungan residu pestisida yang tinggi karena banyak menggunakan pestisida dalam tahap penanamannya. Bisa anda perkirakan betapa tinggi residunya di badan kita bila kita mengonsumsinya setiap hari. Maka dalam hal pemupukan ini saya menyarankan untuk memakai pupuk sangkar saja. Pupuk sangkar selain dapat memperbaiki sifat biologis tanah juga dapat memperbaiki sifat kimia dan fisik tanah, pupuk sangkar juga perlu diberikan pada tanaman sayuran yang banyak mengkonsumsi nitrogen sehingga nitrogen sangat menentukan kuantita dikonsumsi pada fase vegetatif .


4. Pemeliharaan/Penyiraman tanaman Buah Tomat

Tanaman tomat menyerupai halnya tanaman sayuran lain, banyak membutuhkan air. Waktu penyiraman yang baik ialah pada sore hari.Selain bertujuan untuk menggantikan air yang sudah banyak menguap pada siang hari, penyiraman juga bertujuan untuk mengembalikan kekuatan tanaman di malam hari.Pada dikala melaksanakan penyiraman hendaknya dilakukan dengan hati–hati, dan diusahakan jangan hingga mengenai daun karena tanaman akan mudah menderita penyakit menyerupai virus. Salah satu teknik penyiraman yang mampu dilakukan yaitu menggunakan alat berupa selang yang menetes dan dirangkai secara paralel mengenai tiap tiap batang tanaman tomat.

5. Penyiangan Rumput / Tanaman Gulma

Penyiangan harus dilakukan manakala tampak bahwa telah tumbuh gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman. Biasanya pelaksanaan penyiangan dibarengi dengan pembumbunan tanah di sekitar tanaman. Penyiangan dapat dilakukan 2 atau 3 kali atau sesuai dengan kondisi lapang. penyiangan dilakukan dengan cara dicabut menggunakan tangan dan yang sulit dicabut menggunakan cangkul atau kored.

6. Pemangkasan Tanaman Tomat

cara menanam tomat hijau
tomat hijau
Tanaman yang berupa perdu atau pohon umumnya perlu pemangkasan. Termasuk dalam hal ini tanaman tomat. Pemangkasan ini dimaksudkan antara lain untuk membentuk pohon, mengurangi daun, mempercepat pembuahan, meremajakan tanaman, dan lain-lain. Tujuan membentuk pohon yakni biar dapat berbunga atau berproduksi lebih banyak. Pengurangan daun dimaksudkan untuk menerima hasil pemasakan tanaman yang optimum. Dengan pemangkasan juga dimungkinkan mempercepat proses pembuahan. Tetapi adakalanya pemangkasan dilakukan untuk peremajaan tanaman.
Langkah pemangkasan dilakukan dengan cara memotong cabang/ranting yang tumbuhnya tidak tepat, memotong tunas-tunas air, atau memotong ranting-ranting yang kena penyakit. Pemangkasan yang penulis lakukan setiap seminggu sekali selama pertumbuhannya, tiap pohon hanya ditinggalkan sua cabang dan masing-masing cabang dibiarkan tumbuh masing-masing tiga tandan, dan buah yang dibiarkan masing-masing tandan disisakan 5 buah yang dipelihara biar menghasilkan buah yang besar. Pengikatan pohon dimaksudkan untuk menghindari tanaman tomat roboh pada dikala berbuah dan supaya tanaman tomat tersebut dapat tumbuh tegak.

7. Penyakit yang Menyerang tanaman Tomat

cara menanam tomat
buah tomat muda
Beberapa penyakit yang dialami oleh tomat diantaranya yakni sebagai berikut:
a. Busuk buah ujung
Biasanya menyerang buah tomat baik yang masih muda  maupun yang sudah tua.  Penyakit bacin buah disebabkan oleh  kekurangan unsur hara mikro Ca. Cara mengatasinya dengan penyebaran kapur dolomit pada lahan penanaman tomat. 
b. Layu furasium
Biasanya menyerang  buah tomat baik yang masih muda di dataran tinggi yang memiliki  kelembaban tinggi di ekspresi dominan hujan. Langkah yang dapat mencegah serangan penyakit layu furasium,sebagai berikut:
-    Lakukan pemupukan yang berimbang
-    Pilih dan tanam bibit yang tahan terhadap segala penyakit
-    Pilih lokasi penanaman yang berdrainse cukup baik.
-    Pilih tempat yang bersikulasi udara lancar
-    Pilih lokasi penanaman yang menerima sinar matahari penuh .
-    Pilih tanaman yang masih sehat .
-    Rendam bibit ke dalam  larutan benomil 0,1% sebelum penanaman.
c. Layu bakteri
Biasanya menyerang tanaman tomat yang tumbuh di tempat  dataran rendah dengan suhu dan kelembaban yang tinggi. Penyakit ini disebabkan oleh basil psedomonas d. Penyakit bacin buah
Biasanya disebabkan oleh jamur. Cara mencegah serangan penyakit bacin buah ini dengan cara pemangkasan yang teratur, menjaga kelembaban kebun, dan menjaga sanitasi tanah.
Baca juga : Cara menanam tomat di polybag

8. Panen dan pasca panen Tomat

buah tomat merah
tomat merah
Normalnya panen buah tomat dilakukan pertama kali  pada umur 90 hari semenjak pindah tanam. Lalu selama 3–5 hari sekali hingga buah habis. Jika buah tomat yang akan  dipasarkan harus menempuk jarak jauh dan butuh waktu beberapa hari sebaiknya dipanen ketika buah masih hijau  atau kira–kira  5–6 hari lagi menjadi merah. Sedangkan untuk pemasaran jarak bersahabat tingkat kemasakan 90% yakni ketika buah berwarna kuning kemerah – merahan.

Demikian yang mampu saya bagikan wacana cara mudah menanam buah tomat. Semoga mampu diambil manfaatnya untuk anda. Terima kasih sudah berkenan mampir dan meluangkan waktu untuk membaca. Kritik saran dan pertanyaan mampu anda berikan melaui form komentar di bawah postingan ini. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menanam Tomat Mudah dan Praktis"

  1. Anda inGin puNya kesempatan besar uNtuK menanG hingGa Ratusan juta Rupiah|Ay0 seger4 d4ftar kan diri and4 di #ionQQ#c0M|invite pin bb#58ab14f5

    BalasHapus