Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berbuah Lebat dan Manis

-- --
Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau |
Selamat datang kembali di blog para calon petani sukses. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menanam dan merawat tanaman jambu air jenis madu deli hijau atau biasa disebut mdh. Akan tetapi teknik atau cara yang akan kita bahas nanti tidak cuma berlaku terbatas pada tanaman jambu madu deli hijau saja, akan tetapi secara umum dapat pula diaplikasikan pada tanaman jambu air jenis lainnya menyerupai jambu air citra, jambu dalhari, jambu air king rose, jambu madu super green dan aneka macam jenis jambu air unggulan lainnya.

jambu madu deli hijau
gambar jambu madu deli hijau
Mungkin pada mulanya anda tertarik untuk membudidayakan jambu air secara tabulampot( tanaman buah dalam pot) alasannya yaitu tertarik melihat tanaman jambu milik sobat anda yang berbuah banyak bahkan meskipun pohonnya gres berusia setahunan atau melihat postingan sobat yang sukses membuahkan jambu air di pekarangan. Kemudian berikutnya anda membeli bibit jambu air madu untuk kemudian anda tanam di pot atau pekarangan rumah. Hari demi hari berlalu, banyak hal yang sudah anda lakukan untuk merawat tanaman jambu. Tips dan saran sobat sudah anda lakukan. Pemupukan dan pengairan bersiklus rutin. Pemangkasan pun sudah anda lakukan sesuai petunjuk, akan tetapi tanaman jambu anda tak kunjung berbuah. Satu dua tahun berlalu akan tetapi tanaman jambu anda tetap saja enggan berbuah.


Kemudian pada suatu hari yang hambar tanaman jambu anda menampak mulai berbunga. Gembira hati bukan alang kepalang. Dilihatnya dibelai setiap hari hingga kelopak-kelopak bunga mulai gugur dan muncullah bakal buah pentil jambu. Tapi tiba-tiba di suatu pagi, anda harus menelan kekecewaan tatkala melihat bakal buah jambu sudah teronggok jatuh tidak jauh dari tangkainya.

Ilustrasi dongeng di atas mungkin pernah dialami oleh beberapa pembaca. Termasuk saya juga. Sepertinya semua yang kita lakukan sudah benar, tapi ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan semula.

Menanam jambu air (dan juga tanaman lainnya) ternyata tidaklah sesederhana melihat pada apa yang dilakukan oleh orang lain. Butuh proses, trial and error, ujicoba, gagal, mencoba lagi, berulang kali.
 
tanaman jambu air madu deli hijau
gambar tanaman jambu air madu deli hijau

Begitu banyak faktor yang mensugesti pertumbuhan dan perkembangan tanaman jambu air, dan semuanya saling terkait. Menyirami tanaman tiap pagi dan sore hari tidaklah menjamin tanaman akan tumbuh subur. Memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman dengan menunjukkan pupuk yang bagus saja tidak menjamin tanaman anda akan tumbuh subur dan berbuah banyak.

Berikut ini beberapa faktor mendasar yang perlu diperhatikan biar tanaman jambu air dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • umur tanaman
  • media tanam
  • pemupukan
  • sinar matahari

Berikut ini saya paparkan satu pola kondisi tanaman jambu air yang sudah berbuah banyak, besar-besar dan rasanya manis; sebagai gambaran untuk merawat tanaman jambu air yang baik:
  • umur tanaman usia 1 tahunan.
  • penyiraman otomatis menggunakan sistim fertigasi tetes. Selain menghemat air, irit tenaga, juga dapat di atur sesuai dengan kebutuhan tanaman.
  • pemupukan dilakukan seminggu sekali menggunakan pupuk farmpion biru.
  • pengenaan sinar matahari mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore.
  • buah jambu air madu dibungkus menggunakan bungkus buah heigrow.

Sekali lagi, semua saling terkait dan tak bisa mengabaikan salah satunya. Pupuk yang berkualitas bagus dan mahal belum menjamin pohon jambu air anda dapat subur dan berbuah maksimal. Perhatikan media tanam (ph tanah) juga. Hal ini yang kadang sering terabaikan padahal justru faktor ph tanah ini terkait dekat dengan dosis pemupukan dan kemampuan absorpsi nutrisi tanaman. Jika memang diharapkan taburkan kapur dolomit/kapur pertanian untuk menyesuaikan ph tanah pada media tanam.

Lakukan pemangkasan untuk menerima perbanyakan tajuk dan cabang. Selain untuk kecantikan dan keseimbangan tanaman harapannya juga akan diikuti dengan bertambahnya bunga dan bakal buah. Untuk merangsang/menginduksi keluarnya bunga jambu secara serempak dibutuhkan energi yang cukup besar. Padahal untuk menerima energi yang besar, dibutuhkan media tanam yang subur, pemupukan yang tepat, pohon jambu yang vigor (sehat dan subur) serta sinar matahari yang memadai.

Penyebab Bunga Jambu Rontok dan Cara Menanggulanginya.

Pada buah jambu madu diproduksi sejenis hormon yg bertanggung jawab terhadap keselamatan buah. Produksi hormon itu akan berkurang jikalau tanaman buah jambu kurang sehat, kurang pupuk/hara, telat air ataupun gangguan lainnya.

Jika produksi hormon berkurang, bunga/ buah yg terlanjur terbentuk akan mudah rontok dan gugur alasannya yaitu tumbuhnya kalus pada episode ujung tangkai buah yang menempel pada cabang/ ranting tanaman.
Kalus yaitu kulit gres yg memisahkan tangkai buah dg cabang/ranting kawasan ia menempel.

Cara Mengatasi Bakal buah Jambu yang Mudah Rontok

kembang jambu air mudah rontok
gambar kembang jambu air

usahakan biar kondisi tanah/media tanam selalu dalam keadaan lembab (lembab dengan becek/tergenang air itu beda).
berikan pupuk yang diharapkan pada fase itu (sesuaikan dengan kondisi tanaman apakah sedang berbunga/ berbuah).
jika perlu, berikan hormon buatan.

Intinya lakukan sesuai dengan pengetahuan yang sudah anda punyai. Lakukan uji coba dan amati perubahan pada tanaman. Simpulkan sesuai pengamatan dan budi anda. catat hal-hal yang memang perlu dicatat. Saya yakin pada hasilnya nanti anda akan menerima tanamn jambu harapan anda yang tumbuh subur, sehat, berbuah banyak dan rasanya manis.
 
Hal lain yang tidak kalah pentingnya, ketika tanaman jambu anda selesai berbuah dan sudah dipanen, jangan terus diabaikan tanamannya. Lakukan hal-hal berikut untuk hasil yang lebih banyak dan bagus pada periode panen berikutnya.
  • Dangir tanah di sekitar pohon menggunakan garpu.
  • Taburkan pupuk NPK (16:16:16) 1/4-1/2 kg/pohon.
  • Taburkan juga pupuk sangkar satu karung ukuran beras 25 kg.
  • Pangkas habis ranting untuk pembentukan tajuk/cabang yang lebih banyak.

Jika hal di atas sempat anda lakukan maka insyallah tahun depan tanaman jambu madu anda akan lebih maksimal hasilnya.
Demikian beberapa hal wacana duduk perkara menanam pohon jambu madu deli hijau yang bisa saya bagikan. Mohon maaf jikalau tidak lengkap dan kurang detail. Jika gosip di atas masih kurang, silakan anda baca juga artikel berikut:

Terima kasih sudah berkenan membaca hingga tuntas. semoga ada manfaat yang bisa diambil. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Merawat Jambu Madu Deli Hijau Agar Berbuah Lebat dan Manis"

  1. Pl4y3r b1s4 j4d1 b4nd4r h4ny4 d1 I0nqq, net g4n... b4ny4k b0nu5ny4 l0h g4n,, s3g3r4 b3rg4bung b3rs4m4 k4m1 g4n di i0n QQ*net s3b3lum t3rl4mb4t.. p1n bb *58ab-14f5*

    BalasHapus