Manfaat Buah Pepaya

-- --

Manfaat Buah Pepaya

Selamat datang di Blog . Kali ini aku akan membahas khasiat dan manfaat buah pepaya. Mungkin sudah banyak yang mengulas manfaat buah pepaya ini di banyak sekali laman web alasannya memang buah pepaya ini selain gampang tumbuh dan hampir semua daerah ada, buah ini juga mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun pengobatan.
Manfaat Buah Pepaya
Pepaya emas
Untuk anda yang tertarik menyebarkan dan menanam buah pepaya ini di kebun atau pekarangan anda, silahkan buka postingan aku ihwal : cara menanam dan budidaya buah pepaya.
Kembali lagi ke topik khasiat dan manfaat buah pepaya, dari orang sehat hingga sakit, anak kecil hingga dewasa, wanita hamil atau tidak hamil, semua mampu mengambil manfaat dari mengkonsumsi buah ini. Selain buahnya yang lezat dan segar untuk dimakan langsung, mampu juga dibuat sebagai campuran es buah atau rujak.
Selain buahnya, semua episode dari tanaman pepaya dapat diambil manfaatnya mulai dari akar, batang, biji, kuntum bunga, kulit pohon, getah hingga daunnya. Adapun manfaat masing-masing episode antara lain:

1. Manfaat Buah Pepaya

Buah Pepaya Muda
Manfaat Buah Pepaya Muda
buah pepaya bangkok
Pepaya muda sudah tidak abnormal lagi, merupakan salah satu sayuran dalam kuliner sambal godog, sambal goreng, sayur lodeh, sayur asam dan rujak manis.Digodog dengan gula merupakan selingan setelah makan siang atau sore, sebagai basuh mulut. Selanjutnya pepaya muda dapat dijadikan manisan.
Buah pepaya yang masih mengkal atau separuh matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibanding yang sudah matang. Namun wanita yang ingin memiliki anak atau wanita yang sedang hamil dilarang mengonsumsinya, karena buah mentah dapat menggugurkan kandungan. Karena efek yang satu ini, di beberapa negara pepaya justeru dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi. Maka untuk wanita hamil disarankan bila ingin menerima khasiat pepaya, makanlah buah yang sudah matang.
Pepaya yang masih mentah atau mengkal biasanya diolah sebagai sayur karena memiliki tekstur yang keras. Sehingga cocok digunakan sebagai materi untuk membuat sayur dengan rasa yang nikmat. Namun dibalik itu juga, pepaya mentah ternyata memiliki banyak manfaat dan juga kandungan vitamin yang banyak. Pada pepaya yang masih mentah juga telah mengandung banyak sekali macam vitamin ibarat vitamin A, B, C dan E. Ada juga kandungan enzim fitonutrien, kalium dan juga magnesium. Termasuk juga zat papain dan chymopapain yang bagu untuk perut. Pepaya yang masih mentah ini juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, ibarat :
a. Baik bagi pencernaan
Enzim yang ada di dalam pepaya dapat membantu pencernaan serta dapat mencegah timbulnya gas di dalam pencernaan.
b. Baik untuk kekebalan tubuh
Berbagai kandungan vitamin yang ada di dalam pepaya mentah tersebut dapat membantu mengingkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat mencegah benjol dan juga batuk.
Ternyata tidak hanya pepaya yang sudah matang saja yang dapat mengatasi sembelit. Pepaya yang masih muda juga dapat mengatasinya alasannya juga memiliki zat papain di dalamnya.
c. Meningkatkan produksi asi 
Mungkin selama ini yang dikenalan sangat baik untuk menambah produksi asi yaitu daun katuk, padahal pepaya muda juga dapat membantu meningkatkan produksi asi.
Infeksi kanal kemih Dengan mengkonsumsi jus pepaya muda maka dapat membantu mengatasi benjol kanal kemih. Bakteri penyebab penyakit kanal kemih juga dapat diatasi.

Buah pepaya yang Matang
pepaya california
pepaya california
Buah pepaya yang sudah masak banyak mengandung vitamin A dan sedikit vitamin C. Manfaatnya antara lain:
a. Kandungan vitamin C dan karoten yang tinggi dalam buah pepaya membantu dalam pencegahan kanker paru-paru, melawan kanker kolon, pankreas, kandung kemih dan payudara, serta mengurangi radikal bebas penggagas kanker. 
b. mengusir dan menghilangkan cacing usus.
c. menyembuhkan penyakit disentri dan rematik 

Berikut aku berikan beberapa alternatif cara mengolah buah pepaya untuk disantap.
buah pepaya
buah pepaya
  • Buah pepaya sedikit dihancurkan atau dipotong kecil-kecil dibubuhi air sirop dan es, merupakan minuman yang dapat dinikmati pada siang hari.
  • Buah pepaya dihancurkan dibubuhi susu sapi yang cuek atau diberi es, nikmat sekali. Nilai gizinya melebihi pepaya dengan air sirop.
  • Buah pepaya yang dihancurkan dapat merupakan campuran yang lezat dalam ice cream.
  • Buah pepaya yang ukurannya cukup besar dibelah-belah memanjang atau dipotong-potong, diadaptasi dengan banyaknya keluarga yang makan dan ukuran buahnya.
  • Makan buah pepaya setelah menikmati sate kambing akan mempercepat pencernaannya dalam perut.
Baca Juga : Manfaat Tersembunyi dari Buah Jambu

Manfaat Getah Buah Pepaya

Manfaat daun Pepaya
buah pepaya muda
Pepaya mengandung getah berwarna putih yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik yang populer disebut papain. Papain tidak bersifat toksik, tidak ada reaksi samping, serta tidak mengubah tekanan, suhu dan pH yang drastis.  
Adanya zat Papain di seluruh episode buah, baik kulit, daging buah, maupun biji pepaya. tetapi yang paling banyak ada pada buahnya.
Manfaat zat papain dalam getah buah pepaya di antaranya yaitu mencernakan protein dan mengentalkan air susu. Banyak penyakit yang muncul diakibatkan pencernaan yang tidak tepat mulai dari tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi dan kencing manis. Kandungan papain dalam getah pepaya tidak eksklusif serta merta dapat mencegahnya, namun setidaknya dapat mengurangi efek negatif yang muncul.
Yang terang papain membantu proses pencernaan makanan di dalam badan semoga lebih baik.
Di atas telah dikemukakan ihwal jenis papaine yang berada dalam tanaman pepaya. Khasiat papaine yaitu untuk membuat daging menjadi lunak. Untuk melunakan daging, sebelum dipotong-potong dan dicuci. Cukup dibungkus dengan daun pepaya selama + 2 jam. Daging kambing untuk sate  atau gulai sebelum dan sesudahnya ditutup dengan daun pepaya dan dipotong-potong jangan sekali-kali dicuci.
Di luar negeri dimana tidak ada daun pepaya dipergunakan papaine yang sudah menjadi powder, yang ditaburkan di atas dagingnya ditusuk-tusuk terlebih dahulu. Setelah dibiarkan kurang lebih ½ - 1 jam bergantung pada besar kecilnya pecahan daging, sudah dapat mulai dimasak. Potong-potongan daging pepaya muda dapat pula melunakkan daging.

Manfaat Daun Buah Pepaya

manfaat daun pepaya
daun pepaya
Pernahkah anda makan dengan lalapan daun pepaya? Walaupun rasanya pahit, daun pepaya mengandung banyak manfaat. Diantaranya adalah:
- daun pepaya yang sudah tua, dijemur dan ditumbuk halus dipakai untuk mengusir jerawat (sebagai masker).
- membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. 
- Manfaat daun pepaya berikutnya, untuk menambah nafsu makan. Caranya: Pilih daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir dicampur lalu diblender dan disaring airnya dikonsumsi.
- pemberian pertama orang yang sakit demam berdarah. Caranya rebus 5 lembar daun pepaya dalam setengah liter air dan memanfaatkan tiga perempatnya dari sisa rebusan.
- Mengatasi nyeri haid pada wanita yang sedang menstruasi. Caranya:rebus satu lembar daun pepaya saja yang dicampur dengan asam Jawa dan  garam dalam  segelas air lalu didinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
Daun pepaya muda: ditumbuk halus, diperas, air perasannya diminum sebagai obat malaria, kejang perut dan sakit panas. Kuda kesayangan anda, bila diberi minum air daum pepaya 1 x seminggu dapat bebas dari keremi, mulas dan penggumpalan lendir.
Anak-anak dapat ditingkatkan nafsu makannya bila diberi minum air daun pepaya. 
Sebagai obat tradisional di pedesaan tentunya menggunakan dalam batas-batas tertentu, karena obat yang diramu dari daun pepaya bukannya tidak berbahaya jikalau takarannya berlebihan.
Soal ini dikemukakan oleh Greshoff bahwa daun pepaya mengandung sejenis alkoloid yang diberi nama “caarpain”. Carpain mempunyai sifat dapat berakibat urat-urat menjadi kejang.
Daun pepaya muda dapat dimakan sebagai sayuran, setelah direbus. Diperas dan dipakai sebagai campuran dalam sayuran urab atau gado-gado. Untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya muda direbus bersama daun ketela pohon.

Manfaat Akar Buah Pepaya

Akar pepaya biasanya digunakan untuk membasmi cacing kremi, sakit ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, digigit serangga, dan encok.
Selain itu, akar pepaya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan gangguan ginjal dan kandung kencing. Caranya: akar pepaya direndam dalam air dingin, kemudian larutannya diminum.Selanjutnya akar pepaya yang direbus dapat dipakai sebagai obat untuk cacing keremi. Direndam dalam arak, khusus dari akar pepaya gandul, dicampur dengan minyak kayu putih, mempunyai kemanjuran sebagai obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit.

Manfaat Batang Buah Pepaya

Batang pepaya episode dalam dapat dimakan, setelah diparut dan diperas, dikeluarkan air dan getahnya. Setelah itu dicampur dengan gula atau garam. Makanan yang tidak dapat dikatakan lezat ini dimakan dalam tahun 1903 di Yogyakarta sewaktu ada paceklik yang hebat.

Manfaat Bunga Buah Pepaya

Manfaat bunga Buah Pepaya
bunga pohon pepaya
Bunga pepaya gandul bila direbus dengan daun kuda-kudaan, dapat mengurangi rasa pahitnya. Makan rebus bunga ini dapat menambah nafsu makan, dapat membersihkan darah dan mujarab untuk mereka yang mempunyai penyakit kuning.
Bunga pepaya gandul yang diseduh dengan air panas, lalu dijemur hingga kering dapat dipakai sebagai campuran acar. Khasiatnya dapat menambah selera makan.


Manfaat Biji Buah Pepaya

pepaya golden
pepaya golden
Akhirnya tidak cukup lengkap kiranya bila biji pepaya tidak ikut disorot kegunaannya.
biji pepaya mempunyai khasiat sebagai obat cacing. Caranya: biji pepaya yang ditumbuk halus dicampur dengan cuka, larutan sedang, dapat mendorong keluarnya keringat bagi orang yang masuk angin.Tetapi jangan sekali-kali mencoba menelan biji pepaya sebagai obat cacing. lebih baik minta nasehat kepada dokter.

Demikianlah uraian ihwal manfaat buah pepaya, dari mulai akar, batang, daun, biji, getah dan buah pepaya. Karena khasiat dan manfaatnya yang lengkap itulah dapat dikatakan buah pepaya sebagai tanaman serbaguna.
Terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Pepaya"

Posting Komentar