Cara Mengusir Tikus Secara Alami

-- --
Tags:

cara mengusir tikus secara alami, cara mengusir tikus curut, alat pengusir tikus, cara mengusir tikus di atap rumah, cara mengusir nyamuk, cara mengusir tikus dari plafon rumah, cara mengusir semut, cara mengusir tikus di sawah

Cara Mengusir Tikus - Apakah anda sedang kesal karena rumah anda 'dijajah' tikus? Atau tiap malam plafon dan atap rumah anda dijadikan kawasan joging tikus? Sungguh menyebalkan ya.

Dulu di rumah Bapak saya banyak saya temui tikus berkeliaran di meja makan ketika malam hari. Dasarnya memang rumah di desa, belum begitu rapat menyerupai rumah-rumah jaman sekarang. Demikian juga lingkungannya yang masih banyak tanah gembur terutama di pekarangan, membuat tikus tak perlu bersusah payah dalam menggali tanah untuk dibuat sarang. Beberapa cara yang akan saya bagikan dalam postingan ini sudah saya coba sendiri di rumah Bapak saya dan cukup ampuh untuk mengusir tikus dari rumah.
Cara Mengusir Tikus Secara Alami
Alasan utama kenapa harus membasmi tikus dan mengusir nya dari rumah anda ialah selain keberadaannya yang mengganggu, amis yang tidak sedap, kerusakan-kerusakan perabot jawaban gigi 'petel'nya, juga potensi penyakit yang disebarkan olehnya. Beberapa penyakit berbahaya dan menular menyerupai penyakit pes tersebar melalui kencing/urine tikus.

Nah, sekarang apakah anda pengen tahu cara ampuh untuk mengusir tikus dari rumah anda? Sabar.. Agar nanti dalam penanganan hama tikus ini bisa sempurna dan lebih efektif, perlu anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis tikus yang biasa merajalela di sekitar rumah/tempat tinggal kita.

Ada tiga jenis tikus yang biasa muncul di sekitaran rumah, yaitu tikus werog, tikus atap, serta tikus curut.
1. Tikus werog
Tikus werog atau tikus got ialah tikus yang berukuran cukup besar. Kebanyakan kucing akan abai dan tidak melirik tikus jenis ini. Bahkan beberapa kucing cenderung menghindar. Entah karena segan dengan ukuran tubuhnya atau karena alasan lain. Tikus werog paling suka berada di tempat-tempat lembap yang amis serta kotor. Biasanya tikus werog bersarang di got, selokan serta tanah pekarangan yang gembur. Tikus jenis ini jarang masuk rumah dan hanya mencari makanan di kawasan sampah/selokan. Namun, adakalanya tikus werog sesekali masuk ke rumah untuk mencari makanan. Jalur masuknya biasanya melalui susukan pembuangan air di dapur/kamar mandi.
cara mengusir tikus curut
2. Tikus atap
Sesuai namanya, tikus atap biasa bersarang di adegan atap rumah yang gelap dan kotor. Tikus jenis ini yang paling menjengkelkan karena berisik dan mengganggu. Tikus atap biasa mengusung daun-daun kering, ranting, plastik dan sampah-sampah lainnya untuk dibuat sarang di plafon/atap rumah.  Mereka juga gemar'joging' dan berkejaran sambil menjerit gaduh di atap rumah. Sumber makanan tikus atap berasal dari sisa-sisa makanan yang menumpuk di dapur serta kawasan sampah. Tikus atap ini kerap merusak sejumlah benda rumah yang terbuat dari materi kayu semisal usuk rumah, lemari, meja dan kursi. Mereka pula lah biang kerok kabel putus di atas plafon, rangka atap dan lainnya. Tikus atap ialah salah satu jenis menu favorit untuk dijadikan santapan kucing.

3. Tikus curut
Tikus curut ialah jenis tikus berukuran kecil yang cukup menjijikkan. Selain kotorannya yang berserak di area rumah, amis yang dikeluarkannya pun tak sedap. Tikus jenis ini kerap ada di dalam rumah di adegan kolong meja, tumpukan buku, kolong lemari, tumpukan kardus dan yang lainnya. Sumber makanan dari tikus rumah ini hampir sama menyerupai tikus atap. Baunya yang menyengat menyebabkan kucing jarang mau memakannya.

Itulah tiga jenis hama tikus yang biasa mengganggu dan harus dibasmi. Berikutnya kita akan masuk ke pembahasan inti kita; bagaimana cara ampuh mengusir tikus secara alami dari rumah, plafon/atap rumah kita.

Ada dua jenis cara mengusir hama tikus dari rumah yang sering dilakukan oleh orang-orang; menggunakan jepretan tikus dan racun tikus.

Secara nalar penggunaan jepretan tikus tidak terlalu efektif untuk mengusir tikus karena paling banter satu ekor berhasil ditangkap perharinya jikalau kita sedang beruntung. Itupun nanti kita masih direpotkan 'mengurus' tikus hasil tangkapan. Saya eksklusif tidak begitu tega'mengeksekusi' tikus yang terperangkap, apalagi jikalau melihat mulut memelas pasrah dan kebingungan si tikus.

jebakan tikus 1

jebakan tikus 2

jebakan tikus 3

Cara yang kedua ialah penggunaan racun tikus. Cara kerja racun tikus pada dasarnya menghambat kemampuan badan untuk pembekuan darah, yang menyebabkan pendarahan pada tikus hingga mati. Selain menghambat pembekuan darah, racun tikus juga akan membuat tikus merasa sangat haus. Mereka kemudian meninggalkan sarangnya untuk mencari air dan mati di akrab sumber air. Selain terasa kejam, penggunaan racun tikus juga beresiko meracuni hewan peliharaan anda, menyerupai kucing, ayam, burung dan unggas lainnya.
Simak juga :
cara mengusir semut secara alami

Cara Efektif Mengusir Tikus dari Rumah secara Alami


Dibanding kedua cara membasmi tikus yang saya sebutkan di atas, saya lebih cenderung dan menyarankan pada anda untuk melaksanakan alternatif cara lain membasmi tikus di bawah ini.

1. Menggunakan Alumunium foil
Alumunium foil digunakan untuk menutupi meja, kotak makanan dan wadah-wadah lainnya yang menarik perhatian tikus untuk menjamahnya. Ketika anda melakukannya maka tikus tidak akan senang untuk melaluinya. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh amis dan permukaan alumunium foil yang licin sehingga menyulitkan tikus untuk berjalan bebas, atau bunyi berisik yang membuat tikus tidak nyaman untuk melewatinya (tikus suka suasana yang tenang).
Anda juga bisa menyumpal lubang-lubang yang dilalui oleh tikus menggunakan alumunium foil ini. Bayangkan sensasinya ketika anda menggigit alumunium foil, beberapa orang akan merinding, termasuk saya. Mungkin menyerupai itu pula yang dirasakan tikus sehingga mereka enggan untuk menerobos/menggigitnya.

2. Memelihara jangkrik
Masih ingat bahwa tikus tidak suka dengan kegaduhan? Nah, dengan asumsi tersebut memelihara jangkrik yang bersuara nyaring bisa jadi cara yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah. Menurut para andal bunyi jangkrik mengerik sangat mengganggu telinga tikus. Silahkan anda coba memeliharanya. Anda bisa membelinya atau mencarinya sendiri di sekitar rumah anda. Biasanya jangkrik bersarang di balik gundukan rumput kering, daun-daunan kering atau di dalam tanah. Saya sarankan untuk mencari jangkring berwarna hitam pekat atau merah (jaliteng dan jabrang). Pastikan pula jangkriknya yang jantan, dicirikan dari sungut ekornya ada dua. Kalau berekor satu itu jangkrik betina dan jarang mengerik.

3. Menggunakan kapur barus dan daun pepermint
Selain tidak menyukai kebisingan, tikus juga paling tidak suka dengan bau-bauan yang menyengat. Aroma kapur barus menyerupai anda ketahui sangat tidak enak dan menyengat di hidung. Apalagi bagi tikus yang mempunyai penciuman berkali-kali lebih tajam dibanding manusia, pasti sangat menyiksa. Tempatkan kapur barus di area yang sering dilalui/didatangi oleh tikus maka tikus akan lebih memilih untuk menghindarinya.
Atau anda bisa menggunakan daun pepermint untuk mengusir tikus. Caranya daun pepermint anda ambil sarinya kemudian campurkan dengan

Demikianlah beberapa tips dan trik cara mengusir tikus yang mengganggu di rumah anda. Silakan anda aplikasikan yang menurut anda masuk budi dan bisa dilakukan. Atau mungkin anda mempunyai pengalaman perihal cara mengusir tikus secara alami, mohon berkenan untuk menyebarkan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca hingga tuntas, supaya ada manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengusir Tikus Secara Alami"

  1. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    BalasHapus