Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

-- --
Tags:

cara mengusir nyamuk dengan hp, cara mengusir nyamuk dengan kapur barus, cara mengusir nyamuk dengan ragi, cara mengusir nyamuk dengan komputer, cara mengusir tikus secara alami, cara mengusir nyamuk dengan sereh, aplikasi pengusir nyamuk, cara alami mengusir nyamuk di kamar

Cara mengusir nyamuk -
Adakah hal yang lebih menjengkelkan di dunia ini, ketika hendak meminum kopi tapi masih terlalu panas, kemudian ditinggal sebentar semoga menjadi sedikit lebih cuek dan mampu diminum dengan nyaman, tetapi kemudian ketika kita kembali sudah ada beberapa ekor semut yang mati bunuh diri di dalam cangkir kopi kita? Jawabnya ada! Saat malam dan kantuk menyerang, tapi tetap susah merem alasannya yakni udara gerah, lalu beberapa ekor nyamuk berdenging di telinga, dan satu ekor berhasil "mencipok" kita di jari kaki, tapi tak dapat menemukan jari yang mana yang digigit meskipun sudah kita garuk semerata mungkin.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami
Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Kadang saking gemasnya, ketika berhasil menangkap seekor nyamuk saya lumat sekuatnya menggunakan dua jari hingga tidak tampak lagi bekasnya. Tapi ya itu, teman-temannya seolah tidak tahu dan tidak takut "kebrutalan" saya memutilasi temannya akan menimpa dirinya juga. Dengan sporadis mereka masih terus berupaya menyerang area terbuka pada badan saya.

Hal pertama yang kemudian saya lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah yakni mengambil senjata andalan; RAKET NYAMUK!!! Meskipun ini bukan solusi terbaik untuk mengusir nyamuk dari rumah, tetapi setidaknya ada kepuasan "balas dendam" manakala mendengar suar 'preketek preketek" nyamuk yang tersengat raket listrik.

Oke, itu tadi sedikit dongeng saya. Berikutnya kita akan membahas cara-cara yang efektif untuk mengusir atau membasmi nyamuk dari rumah. Cara mengusir nyamuk yang akan dibahas di sini yakni cara mengusir nyamuk secara tradisional, aman, cepat, sederhana dan efektif. Tentunya hal pertama yang harus dilakukan sebelum dapat mengusir secara efektif yakni mencari tahu sifat, kelemahan dan kekuatan lawan guna memenangkan pertempuran. Halah...

Beberapa fakta ihwal nyamuk yang harus anda ketahui:

1. Nyamuk tertarik pada badan yang bersuhu hangat. Itulah mengapa ketika malam cuaca gerah justru nyamuk banyak yang datang memperparah keadaan. Jaga suhu badan anda semoga senantiasa cuek untuk menghindari gigitan nyamuk. Gunakan balok es untuk mengusir nyamuk secara cepat dengan dipukulkan sempurna pada kepalanya, dijamin efektif (just kidding :))
 
2. Nyamuk senang di kawasan dengan kelembaban tinggi (kondisi lembab di sini yang harus dipahami yakni berarti adanya kandungan air terlarut di udara yang jenuh sehingga menyebabkan badan banyak mengeluarkan keringat). Cara mengusir nyamuk dari rumah dengan mensiasati fakta ini yakni memasang AC di kamar anda. Selain menimbulkan suasana adem juga dapat digunakan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam kamar anda.

3. Nyamuk tertarik pada air, khususnya air tergenang. Membuang semua genangan air di halaman Anda yakni cara mengusir nyamuk secara tradisional yang sering dianjurkan. Contoh kawasan untuk berkembang biak nyamuk yakni ban bekas, genangan di kanal mobil, selokan mampet, kolam ikan tanpa filter, pot bunga kosong, kaleng bekas, dan apa pun yang dapat menampung air selama lebih dari beberapa hari pada suatu waktu. Jika tidak memungkinkan untuk menghilangkan genangan/sumber air tertentu, masukkan bubuk abate atau sejenisnya ke dalamnya untuk membunuh larva dan mencegah nyamuk berkembak biak di dalamnya.
 
4. Warna favorit nyamuk yakni warna hitam, biru dan merah. Hindari menggunakan pakaian berwarna tersebut terutama ketika malam hari. Kenakan pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh. Baju lengan panjang dan celana panjang akan membantu melindungi Anda dari nyamuk ketika Anda berada di luar rumah.

"Menutupi kulit dan badan anda yakni langkah termudah mengusir nyamuk"

cara mengusir nyamuk secara efektif
cara mengusir nyamuk secara efektif

Pakaian juga dapat disemprot dengan anti nyamuk untuk pemberian yang lebih baik.

5. Nyamuk cenderung keluar di ketika menjelang senja, ketika fajar, dan di ketika gelap. Makara kalau memungkinkan, tetap tinggal dengan aman di dalam rumah ketika itu. Jangan ke luar rumah ketika banyak nyamuk di luar. Jika terpaksa harus keluar rumah ketika nyamuk dalam keadaan sangat aktif, gunakan pakaian berlapis untuk melindungi kulit Anda, atau kalau perlu gunakan lotion anti nyamuk.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui ihwal nyamuk. Selanjutnya, sebelum kita membahas cara mengusir nyamuk secara alami, akan lebih baik kalau dibahas dulu cara mencegah nyamuk datang dan berkembang biak di lingkungan rumah kita.

Beberapa cara sudah dibahas di atas. Cara berikutnya adalah:
  • Menjaga tempat-tempat terkumpulnya air, kolam, dan kolam renang. Jika Anda memiliki kolam ikan atau kolam renang yang tidak terlalu sering digunakan, ini dapat menjadi kawasan perkembangbiakan nyamuk. Bantu diri Anda sendiri dan tetangga dengan melaksanakan perawatan secara teratur untuk menjaga semoga airnya tetap gres dan mengalir sehingga nyamuk tidak mampu berkembang biak di dalamnya.
  • Memangkas tanaman di sekitar kolam atau kawasan terkumpulnya air lainnya. Jika Anda memiliki kawasan mandi dan kawasan minum burung peliharaan atau sumber air lain yang berukuran kecil, sering ganti airnya atau aduk airnya sehingga nyamuk tidak dapat bertelur di sana.
  • Memotong rumput dan semak secara teratur. Rumput dan semak yang terlalu rimbun dapat dijadikan sebagai kawasan persembunyian nyamuk. Pastikan untuk memotong rumput dan memangkas semak/tanaman lainnya secara teratur.
  • Menggunakan air sabun yang diletakkan dalam piring. Jika Anda sedang berada di taman/luar ruangan, Anda dapat mengusir nyamuk dengan menempatkan satu piring air yang dicampur dengan sabun basuh piring di kawasan tersembunyi di dekatnya. Nyamuk akan tertarik ke sumber air tersebut, dan akan terjebak di dalam gelembung sabun dan tenggelam.
  • Menggunakan lampu LED. Tempatkan lampu LED di pintu masuk, jendela dan teras rumah. Nyamuk tidak akan berkerumun kalau cahayanya berasal dari lampu LED, lampu serangga berwarna kuning, dan lampu sodium.
  • Memasang kasa atau tutupi area di luar ruangan. Jika Anda tinggal di kawasan yang banyak nyamuk, Anda dapat menggunakan kelambu atau kasa di luar maupun di dalam rumah. Tempatkan kelambu yang sesuai atau plastik luar ruangan yang menutupi sekeliling teras atau luar rumah.
  • Menanam bunga pengusir nyamuk. Ada beberapa jenis bunga yang memiliki anyir yang tidak disukai oleh nyamuk, antara lain bunga krisan, geramary, rosemary dan lain sebagainya. Tanam bunga krisan/geramary/rosemary di sekeliling rumah anda untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Untuk jenis bunga rosemary yang berukuran kecil juga dapat ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan di dalam ruangan.
artikel lainnya ihwal hama rumah :

Selanjutnya, kita akan bahas beberapa trik untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

1. Cara mengusir nyamuk dengan bunyi ultrasonik

Gelombang bunyi ultrasonik yakni gelombang bunyi dengan frekuensi di atas 20 kiloHertz yang mampu didengar oleh banyak sekali serangga termasuk nyamuk. Dengan mendengar gelombang ultrasonik tersebut, nyamuk akan merasa terganggu dan memilih untuk menyingkir. Cara ini sudah banyak disesuaikan dalam beberapa aplikasi sederhana dan anda mampu pribadi dapat memakainya. Salah satu penemuan alat/ aplikasi pengusir nyamuk yakni berupa lampu hias yang dapat berputar dan memancarkan bunyi ultrasonik. Aplikasi pengusir nyamuk yang lain yakni berupa aplikasi hp berjulukan AntiGnat. Aplikasi berbasis java ini penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mendownload ke hp atau komputer anda, lalu install, dan aktifkan aplikasinya ketika nyamuk mendekati anda.

2. Cara mengusir nyamuk dengan kapur barus

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan kapur barus / kamper. Caranya: Siapkan terlebih dahulu satu gelas air. Kemudian masukkan beberapa butir kapur barus secukupnya. Cukup letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus di sudut ruangan anda atau di bawah meja dan kawasan tidur.

cara mengusir nyamuk secara tradisional
cara mengusir nyamuk secara tradisional


3. Cara mengusir nyamuk dengan ragi dan minyak lavender

Anda mampu membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan campuran ragi dan minyak lavender. Caranya: siapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, lalu tambahkan ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, kemudian taruh di wadah dan disimpan di ruangan anda.
cara mengusir nyamuk secara sederhana
cara mengusir nyamuk dengan jeruk lemon


4. Membuat anti nyamuk dengan minyak kayu putih dan lemon.

Campuran minyak kayu putih dan lemon direkomendasikan sebagai cara mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diaplikasikan pada kulit. Caranya dengan mencampurkan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, kemudian digunakan sebagai obat oles pada badan anda.

5. Cara mengusir nyamuk dengan bubuk kopi

Cara sederhana untuk mengusir nyamuk yakni dengan memanfaatkan bubuk kopi. Taburkan bubuk kopi di kawasan yang memiliki genangan air. Telur nyamuk yang ada dalam air genangan tersebut akan muncul ke permukaan air alasannya yakni bubuk kopi. Ketika telur nyamuk menempel di bubuk kopi dan naik ke permukaan, mereka akan kehilangan oksigen dan mati. Cara ini akan mencegah telur nyamuk menetas dan mencegah nyamuk berkembang biak di rumah anda.
tanaman pengusir nyamuk
tanaman pengusir nyamuk
Demikian beberapa tips dan trik dalam mengatasi gangguan nyamuk di rumah anda. Ada pula cara mengusir nyamuk dengan sereh, jeruk nipis, kayu manis dan materi alami lainnya yang tidak sempat saya uraikan di sini. Silakan anda aplikasikan teknik yang menurut anda paling mudah dan masuk akal. Atau kalau anda punya cara lain yang lebih efektif silakan menyebarkan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Dengan senang hati saya akan menambahkannya di dalam postingan semoga dapat dipraktekkan oleh pembaca lainnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca hingga tuntas. Semoga nyamuk atau serangga pengganggu lain berhasil diusir dari rumah anda. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami"

  1. Hanya di Ionqq anda bisa memenangkan jackpot hingga ratusan juta rupiah | p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus