Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Dibudidayakan

-- --
Jenis Varietas Jambu Air Unggulan -
Selamat datang para calon pekebun dan petani sukses di  blog . Pembahasan kali ini ialah ihwal jambu air; mengenal jenis-jenis varietas jambu air apa sajakah yang ungggul dan layak untuk ditanam di pekarangan atau kebun anda. Saya yakin anda pernah mendengar ihwal jambu air king rose, jambu air madu dan jambu citra. Nah, pada pembahasan di bawah kita akan coba kenali beberapa jenis jambu air tadi, apa sajakah keunggulannya, bagaimana ciri-ciri untuk membedakannya dan cara membudidayakannya.

jambu air madu
jambu air madu

 Jenis Jambu Air Unggulan

1. Jambu Air Madu

Jambu air Madu termasuk salah satu jenis tanaman buah asli Indonesia. jambu madu merupakan salah satu jenis jambu air dengan kualitas unggulan yang dimiliki di kawasan kita. Dari segi rasa manis dan enak. Umumnya semua jenis jambu madu tidak memiliki biji. Perbanyakannya dapat dilakukan secara vegetatif baik berasal dari okulasi, sambung pucuk atau cangkokan.
Ada tiga jenis jambu madu :

a. Jambu madu DELI HIJAU


jambu madu deli hijau
jambu madu deli hijau

Jambu madu Deli Hijau ialah jambu air madu yang berwarna hijau yang memiliki tingkat kemanisan kebangetan. Bisa dikatakan ini ialah jenis jambu air termanis. Jambu air madu hijau memiliki daging buah yang rapuh yang membuat legit ketika dimakan. Selain itu juga tanpa biji di dalamnya.
Kelebihan lain dari jambu madu deli hijau ialah lebih cepat berbuah. Dengan perlakuan yang sempurna dan bibit berasal dari cangkokan, jambu madu deli hijau akan berbuah dalam umur kurang dari satu tahun. Kelebihan lainnya ialah buah jambu madu deli hijau lebih lebat buahnya walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

b. Jambu madu KESUMA MERAH

jambu madu kesuma merah

Jambu air madu jenis Kesuma Merah ialah jambu madu air yang berwarna merah, dagingnya padat dan sangat rapuh. Warnanya yang merah menarik hati seringkali menarik hati para pelanggan untuk memilih jambu ini. Kekurangan dari membudidayakan jambu madu kesuma merah ialah pada waktu berbuahnya. Jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama untuk berbuah dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu lainnya.

c. Jambu Madu SUPER GREEN ( Jambu Madu Super)

jambu madu super green
jambu madu super green
Dilihat dari warna dan bentuknya hampir menyerupai dengan jambu madu Deli Hijau tetapi kalau sudah renta atau masak jambu madu super green akan sedikit berwarna hijau kekuning-kuningan.
Jambu madu super green memiliki ukuran yang super besar dan berwarna hijau. Besarnya jambu madu ini dapat mencapai ukuran satu botol aqua gelas. Kurang lebih mempunyai bobot 200 - 300 gram per buah. Rasa jambu madu Super Green sangat manis dan akan terasa dari atas hingga ke bawah. Hampir menyerupai dengan jambu madu Kesuma Merah, waktu berbuahnya agak lambat, kurang lebih sekitar 13-15 bulan gres berbuah. Demikian juga kelebatan buahnya agak kurang dikarenakan ukuran buahnya yang besar-besar. Akan tetapi sebab pohonnya terbilang lebih besar maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak.

Cara membedakan jenis-jenis jambu air madu

Tanaman buah jambu air madu deli hijau memiliki ciri daun remaja berukuran lebar dan besar, berwarna hijau tidak terlalu tua, dan tidak terlalu tegang/kaku. Batang atau ranting muda berwarna hijau muda, buah berukuran besar dan berwarna hijau mengkilap. Untuk jambu madu kesuma merah daunnya lebih tegang keatas dan warnanya hijau kekuningan. Sedangkan jenis jambu madu super green daunnya lebih kecil, tidak lebar, dan melengkung ke dalam menyerupai layu.

2. Jambu air king rose

 
jambu air king rose
jambu air king rose
Jenis jambu unggulan berikutnya yang akan kita bahas ialah jambu air king rose. Sesuai dengan namanya, jambu air king rose berwarna merah legam menyerupai bunga mawar.
Ukuran buah jambu king rose mampu dikategorikan jumbo, dengan berat normal sekitar 200 - 300 gram per butirnya. Karena ukurannya yang besar itu, banyak yang menyebut king rose sebagai jambu air raksasa. jenis Jambu Air King Rose termasuk dalam kategori unggulan dan sudah banyak yang membudidayakan. Harga jambu king rose di pasaran cukup tinggi. Satu kilogramnya dijual dengan harga 30.000-50.000. Rasa buah jambu air king rose sangat manis dan segar. Istimewanya, kadar airnya cukup tinggi dan umumnya tanpa biji. Jika dibudidayakan, ia mulai berbuah di usia sekitar 2 tahunan.
 
Cara memilih dan mengenali bibit jambu king rose.
Jika anda berencana membeli bibit jambu air king rose dan belum mengetahui ciri-ciri dan perbedaannya dengan varietas jambu air lainnya maka saya sarankan anda untuk membelinya di toko pertanian atau penjual  bibit yang sudah mapan dan terpercaya. Tanyakan pada penjualnya mana yang king rose mana yang bukan.
Anda mampu berpedoman pada ciri-ciri berikut:
- jambu air king rose mempunyai daun yang berukuran besar dengan ujung daun mengarah ke atas. Atau kalau kebetulan sudah muncul buahnya Anda mampu memperhatikan wana dan ukuran buahnya.

Baca juga: Cara menanam jambu air

3. Jambu Air Citra

jambu air citra
jambu air citra

Salah satu jenis tanaman jambu air yang akhir-akhir ini banyak diburu, baik oleh pembibit tanaman maupun oleh penyuka jambu air, ialah jambu air citra. Jambu jenis citra ini terkenal manis rasanya. Selain itu ukuran buahnya tergolong besar ketimbang jambu air lainnya. Satu buah jambu air citra memiliki bobot hingga mencapai 300 gram, kurang lebih seukuran kalung susu.

Ukuran tinggi pohon jambu air citra sekitar 4-5 meter dengan tajuk sekitar 2 meter. Pohon ini rimbun dan relatif pendek dibandingkan jenis jambu air lainnya. Bentuk batang pohon jambu citra bulat, permukaannya halus berwarna coklat dan bercabang-cabang. Daun-daunnya berbentuk tombak memanjang dengan perbandingan panjang dan lebar daun sekitar 3:2. Warna daun muda merah keunguan atau merah kecoklatan sedangkan ketika renta berwarna hijau. Bunga jambu air citra bertipe spatula dengan warna mahkota kuning muda. Buah jambu citra berbentuk lonceng tak berlekuk sekitar 1-12 buah per tandan.
Keunggulan pohon jambu air citra lainnya ialah memiliki ketahanan terhadap hama penyakit tanaman menyerupai jamur daun, penggerek batang, dan ulat pemakan daun.
jambu air terbaik
kembang jambu air madu
Demikianlah postingan ihwal jenis-jenis jambu air unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Apabila diantara jenis-jenis jambu air unggulan ada yang terlewat, atau anda mempunyai pandangan lain ihwal jambu air terbaik menurut versi anda, silakan bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca ulasan ini hingga tuntas, semoga mampu menambah wawasan dan dapat bermanfaat dalam rangka budidaya jambu air. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Memilih Jenis Jambu Air Terbaik untuk Dibudidayakan"


  1. yuk di cob4 g4m3 b4ru (Bandar Poker) dari ionqq,,, ingin jadi bandar segera bergabung bersama kami di ionQQ^c0m|
    n1km4t1 b0nu5 r3f3r4l 20'% dan c4sh b4ck 0'3 % s3ti4p m1ngguny4 * pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus