Budidaya Jenis Kelengkeng Unggulan

-- --
Jenis-Jenis Kelengkeng Unggulan | Apakah anda sedang ingin menanam pohon kelengkeng? Atau mungkin anda sudah melaksanakan budidaya tanaman kelengkeng di pekarangan rumah/ di kebun tetapi hingga ketika ini karenanya tidak begitu memuaskan? Nah, dalam artikel yang akan saya bagikan berikut ini ialah perihal mengenal jenis-jenis pohon kelengkeng terbaik, terutama jenis kelengkeng unggulan yang paling sering dibudidayakan.
Mengenali jenis-jenis kelengkeng yang akan ditanam perlu anda lakukan sebagai persiapan awal supaya tidak salah memperlakukannya dan dapat menghasilkan buah sesuai yang diharapkan.

Ada dua jenis pohon kelengkeng menurut tempat tumbuhnya, yaitu kelengkeng dataran tinggi dan kelengkeng dataran rendah.
jenis kelengkeng super

A. Jenis kelengkeng dataran tinggi

Jenis kelengkeng dataran tinggi ialah jenis kelengkeng asli Indonesia.
Biasanya banyak dibudidayakan di daerah-daerah tinggi, ibarat di kawasan Ambarawa, Temanggung, dan Tumpang. Yang termasuk jenis kelengkeng dataran tinggi diantaranya adalah:
- kelengkeng Itoh
- kelengkeng Khiew yee
- kelengkeng Sri Chompu
- kelengkeng Beaw Keaw
- kelengkeng Phuan Mane / Kristal
- kelengkeng Phuan Thong
- kelengkeng Kaisar

Kelompok pohon kelengkeng dataran tinggi biasanya dicirikan dengan daun yang besar, tebal dan lebar.
jenis kelengkeng unggulan

Terkadang pohon kelengkeng dataran tinggi dapat berbuah secara alami ketika di tanam di dataran rendah tetapi agak sulit. Pembuahan kelompok kelengkeng jenis ini biasanya dipacu dengan perlakuan aplikasi pupuk dan hormon.
Tindakan menambahkan pupuk dan hormon ini menjadikan pembuahan pohon kelengkeng bisa diatur waktunya. Dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan pohon kelengkeng dataran tinggi.

Jenis pohon kelengkeng yang hingga sekarang paling banyak dibudidayakan ialah pohon kelengkeng itoh karena kualitas buah dan produktivitasnya yang bagus.
Bisa dikatakan bahwa kelengkeng itoh ialah jenis kelengkeng super terbaik. Daging buah kelengkeng itoh kering, manis, tebal, dan renyah.
Sayangnya di Indonesia jenis kelengkeng itoh sulit berbuah karena teknik membuahkannya yang belum tepat.
Nah, inilah yang mesti menjadi tantangan para petani lokal untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kalau di Negara Thailand dan vietnam, jenis kelengkeng itoh sudah banyak dibudidayakan di dataran rendah dan berhasil berbuah dengan aksesori pupuk dan hormon tertentu.

Jenis kelengkeng itoh

jenis kelengkeng yang paling mengagumkan kelengkeng itoh

Saat ini sudah ada kelengkeng jenis itoh yang merupakan perpaduan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng dari thailand. Untuk jenis kelengkeng yang ini dapat menyesuaikan diri dengan baik ketika ditanam di dataran rendah Indonesia. tetapi tetap saja untuk menghasilkan buah harus dirangsang dengan aplikasi pupuk / dukungan hormon tambahan.
Berikut ini keistimewaan dari kelengkeng jenis itoh :
- buahnya mempunyai rasa yang sangat manis
- daging buahnya tebal, tidak basah dan mempunyai biji yang kecil
- dapat di buahkan di bulan apapun dengan menggunakan obat perangsang buah
- meski memerlukan waktu 2-3 tahun untuk dapat berbuah, tetapi ketika panen buahnya melimpah.

B. Jenis kelengkeng dataran rendah

Lengkeng dataran rendah termasuk buah yang menghebohkan lantaran berhasil menepis mitos bahwa tanaman kelengkeng ialah tanaman buah khusus dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Yang termasuk jenis pohon kelengkeng dataran rendah diantaranya adalah:
- kelengkeng pingpong
- kelengkeng Diamond river
- kelengkeng kristalin/gading
- kelengkeng PuanRay
- kelengkeng Aroma Duren
- kelengkeng Jendral

Kelompok pohon kelengkeng dataran rendah umumnya bisa berbuah sendiri secara alami, tanpa perlakuan khusus. Faktor alami inilah yang menjadi salah satu daya tarik petani untuk melaksanakan budidaya kelengkeng dataran rendah. Kemudahan dalam berbuah dan tingkat produktifitas hasil buahnya untuk masing-masing varian pohon kelengkeng dataran rendah berbeda sesuai aksara genetik bawaan masing-masing.

Yang paling terkenal dan banyak dibudidayakan dari jenis kelengkeng dataran rendah ini ialah jenis kelengkeng diamond river dan jenis kelengkeng pingpong.

Jenis Kelengkeng Unggulan

1. Kelengkeng Diamond River

jenis kelengkeng diamond riverlengkeng dataran rendah terbaik diamond river

Jenis kelengkeng diamond river ialah jenis lengkeng dataran rendah yang cepat berbuah. Bisa dikatakan bahwa diamond river ialah jenis kelengkeng unggulan, mengingat rasa buahnya yang super manis dan kegenjahannya ketika berbuah. Ciri-ciri yang harus anda ketahui perihal kelengkeng diamond river:
- Buah jenis kelengkeng diamond river cenderung berair, dan inilah yang menjadi kelemahan dari kelengkeng jenis diamond river.
- Percabangan banyak, tajuk daun rimbun, cocok ditanam di pekarangan rumah untuk peneduh.
- Gampang berbuah, hampir tiap tahun selalu berbuah
- Daun kelengkeng jenis diamond river berwarna hijau cerah, lebar, dan ciri yang paling menonjol ialah pada tepian daun sedikit bergelombang.

2. Kelengkeng Pingpong


lengkeng dataran rendah yang menghebohkan pingpong

Kelengkeng pingpong termasuk jenis kelengkeng dataran rendah yang cepat berbuah juga. Kelengkeng ini termasuk jenis kelengkeng super, oleh karena ukuran buahnya yang hampir sebesar bola pingpong. Selain buahnya harum wangi, rasanya juga sangat manis sekali. Buah dagingnya tipis, dengan biji besar, dan cenderung kering. Yang pasti tidak terlalu memalukan ketika dibagikan pada tetangga kanan kiri sewaktu panen.

Ciri-ciri dari jenis kelengkeng pingpong bisa diamati dari hal-hal berikut:
- Buah besar, daging tipis, biji buah besar.
- dompolan buah lebat, tetapi karena percabangan yang jarang, maka total buah yang dihasilkan pada satu pohon menjadi sedikit
- pucuk pohon cenderung tumbuh memanjang, dengan percabangan yang jarang. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan jenis kelengkeng pingpong. Kalau dibiarkan tumbuhnya tanpa pemangkasan semenjak awal maka cabangnya akan cenderung memakan tempat dengan pertajukan yang jarang-jarang. Tetapi ini bisa diakali dengan mengatur pertumbuhan tajuk kelengkeng pingpong semenjak awal melalui pemangkasan dan pengikatan.
- Mempunyai daun berbentuk oval dan melengkung ke bawah. warnanya agak gelap

3. kelengkeng Kristalin

Lengkeng Kristalin daging buahnya bening sehingga biji buahnya cenderung kelihatan. Oleh alasannya ialah itulah dinamakan kelengkeng kristalin karena bening daging buahnya. Rasa dan aromanya kelengkeng kristalin juga harum, dan yang paling menyenangkan dari jenis kelengkeng kristalin ini ialah pada ketika berbuah semua pucuk berbuah dengan serentak.

Jenis kelengkeng kristalin termasuk jenis kelengkeng yang di dalam satu pohonnya sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina. Kaprikornus dengan hanya menanam satu pohon kelengkeng kristalin saja sudah bisa berbuah.
Ciri dari kelengkeng kristalin daunnya ibarat dengan daun itoh, berwarna hijau muda dan kurus. Daging buahnya agak tebal, kering, kenyal, dan rasanya sangat manis.

Berikut ialah keistemewaan dari kelengkeng Kristalin :
– Hanya dalam 1 tahun semenjak bibit ditanam, sudah menghasilkan buah.
– Jumlah dompolan tiap pohon lebih banyak.
– Jumlah buah tiap dompolan lebih banyak.
– Daging buah lebih tebal.
– Rasa daging buah lebih manis.
– Aroma buah lebih tajam.


4. kelengkeng Puan Ray

Dari namanya sudah bisa ditebak, jenis kelengkeng ini berasal dari negara Thailand dan sangat cocok ditanam di dataran rendah. Jumlah buah lebih lebat daripada kelengkeng jenis pingpong, mempunyai daging buah tebal dan berbiji kecil. Daging buah kelengkeng puan ray cenderung kering, tidak ibarat jenis kelengkeng diamond river.
Keistimewaan lainnya dari kelengkeng puan ray ialah dapat dibudidayakan di dataran rendah dan cepat berbuah meski gres berumur satu tahun. tentunya dari hasil pengembangan sambung pucuk, bukan dari biji.

Tanpa perlakuan khusus dan dukungan hormon pun kelengkeng ini cukup rajin berbuah dan genjah.
Nampaknya jenis kelengkeng puan ray ialah perpaduan dari 2 kelengkeng istimewa yaitu kelengkeng pingpong dan kelengkeng diamond river. Buahnya besar, bijinya kecil, dan daging buahnya cenderung lebih kering.

5. kelengkeng Aroma Durian

Nama lain dari kelengkeng aroma durian ini ialah kelengkeng mata naga. Dilihat dari buahnya, jenis kelengkeng ini sepertinya masih saudaraan dengan kelengkeng jenis pingpong. Keistimewaannya ialah dari aroma buahnya yang harum ibarat durian, dan rasanya juga ibarat durian setengah matang. Dibandingkan dengan kelengkeng pingpong, kelengkeng aroma durian lebih banyak cabangnya, sehingga kita bisa menerima pohon kelengkeng yang rimbun di pekarangan rumah.

6. kelengkeng Satu jari/Pucuk Merah

Lengkeng satu jari jenis buahnya ibarat kelengkeng aroma durian. Bedanya ialah pada warna kulitnya di ketika matang. Kelengkeng Satu Jari buahnya berwarna gading kekuningan sedang kelengkeng aroma durian buah yang matang berwarna putih.

Itulah beberapa jenis tanaman buah kelengkeng yang perlu anda ketahui sebelum menanam pohon kelengkeng. Selain itu, pastikan pula anda mengetahui syarat-syarat tumbuh pohon kelengkeng.
Syarat pertumbuhan pohon kelengkeng pada umumnya adalah  tanah yang gembur dengan lapisan tanah yang tebal dan dapat mengikat air dengan baik. Untuk varietas kelengkeng yang sering anda jumpai di toko bibit buah atau pedagang bibit keliling, umumnya lebih cocok ditanam di dataran rendah dan cukup air.

Kalau anda berniat untuk menanam pohon kelengkeng. usahakan anda menanamnya pada ketika menjelang ekspresi dominan penghujan, antara bulan november-desember. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda menanamnya di bulan-bulan yang lain asala tetap memperhatikan asupan makanan dan kebutuhan airnya.

Nah, bagaimana para pembaca? Sudah pahamkah perihal jenis-jenis kelengkeng unggul yang dipaparkan di atas? Dan sudahkah anda menemukan jenis kelengkeng yang paling mengagumkan menurut pertimbangan anda sendiri?
Jika sudah, untuk lebih komplitnya dalam mempelajari teknik menanam kelengkeng, anda bisa membaca di tautan berikut:

Agar kelengkeng cepat berbuah lebat


Demikian yang bisa saya bagikan perihal jenis-jenis pohon kelengkeng, semoga bisa menambah wawasan anda. Jika anda ada pertanyaan atau gosip lainnya, silahkan manfaatkan kolom komentar di bawah postingan ini untuk berdiskusi. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca hingga tuntas. Salam.

tags: jenis kelengkeng yang paling bagus, jenis lengkeng dataran rendah, jenis kelengkeng terbaru, jenis kelengkeng unggulan, jenis kelengkeng terbaik, jenis kelengkeng diamond river, jenis kelengkeng unggul, jenis kelengkeng super, budidaya kelengkeng dataran rendah, lengkeng dataran rendah yang menghebohkan, budidaya kelengkeng diamond, budidaya tanaman kelengkeng, kelengkeng dataran rendah generasi 2, lengkeng dataran rendah terbaik, lengkeng dataran rendah yang cepat berbuah

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Budidaya Jenis Kelengkeng Unggulan"

  1. yuk di cob4 g4m3 b4ru (Bandar Poker) dari ionqq,,, ingin jadi bandar segera bergabung bersama kami di ionQQ^c0m|
    n1km4t1 b0nu5 r3f3r4l 20'% dan c4sh b4ck 0'3 % s3ti4p m1ngguny4 * pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus