Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

-- --
Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah | Apakah anda mempunyai pohon mangga di pekarangan dan tak kunjung berbuah? Atau apakah pohon mangga anda berbuah hanya setahun sekali dan buahnya pun tidak terlalu lebat? Jika iya, maka anda datang di daerah yang tepat.
Pada kesempatan ini blog akan membahas wacana "Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah".
Sebelum lebih jauh ke dalam membahas teknik-teknik atau tips dan trik agar pohon mangga berbuah lebat, banyak, dan terus diluar musim, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal jenis-jenis pohon mangga yang ada, biar nantinya anda yang gres saja membeli bibit pohon mangga dan akan menanamnya di pekarangan/kebun sendiri mampu mengaplikasikannya dengan benar.

cara menanam mangga biar cepat berbuah
mangga merah

Mengenal Jenis dan Karakter Pohon Mangga

Pohon mangga termasuk pohon yang cukup banyak didapati di pekarangan rumah-rumah pemukiman, baik di desa maupun di perumahan kota. Sifat pohon mangga yang mudah ditanam dan tidak riwil dalam perawatannya menjadi alasan utama orang memilih pohon ini sebagai penghias dan peneduh pekarangan rumahnya. Daya tahan yang berpengaruh terhadap serangan hama penyakit ialah alasan lain mengakibatkan pohon mangga ini sebagai penghias halaman rumah. Ditambah lagi pohon mangga juga dapat menghasilkan buah yang lebat, berukuran besar, manis, dengan nilai ekonomis tinggi.

Jenis-jenis pohon mangga unggulan yang seringkali ditanam oleh petani antara lain: mangga madu, mangga harum manis, mangga apel, mangga manalagi, mangga golek, mangga kueni, mangga Indramayu dan jenis mangga lainnya.
Secara umum cara menanam mangga untuk semua variasi jenis mangga di atas sama saja, namun yang paling mudah dan banyak peminatnya yaitu mangga harum manis. Mangga harum manis mempunyai buah yang manis, bijinya agak kecil namun daging mangganya tebal, sehingga menjadi pilihan yang tepat apabila dibudidayakan. Budidaya mangga harum manis pun dapat dilakukan dengan penanaman biji atau dengan cangkok. Namun untuk menghasilkan tanaman mangga cepat berbuah maka sebaiknya menggunakan cara cangkokan.
jenis buah mangga crispy
mangga berbuah lebat

Ada juga jenis varietas mangga unggulan gres dari Thailand, yaitu mangga chokanan. Mangga Chokanan atau biasa juga disebut Mangga Chooke Anan ini memiliki rasa yang manis. Bahkan karena manisnya yang keterlaluan, mangga ini sering dijuluki sebagai mangga madu. Mangga Chokanan dapat dimakan ketika matang tepat maupun ketika masih muda. Rasa mangga chokanan muda memang tidak sama masamnya dengan mangga muda jenis lainnya.
Mangga chokanan ini banyak dibudidayakan dengan sistem tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Seperti mangga pada umumnya, chokanan akan berbuah pada Oktober -Januari. Namun, karena bersifat genjah, mangga chokanan mampu berbuah hingga tiga kali dalam setahun.

Itulah beberapa jenis dan huruf mangga yang perlu anda ketahui sebelumnya. Pastikan dulu jenis mangga yang akan anda tanam, kenali jenisnya, dan jangan hingga keliru pada ketika membeli bibit. Jangan pribadi percaya dengan yang dikatakan penjualnya wacana jenis buah mangganya. Sebab, pemilihan bibit pohon mangga yang benar ini ialah langkah awal yang menentukan keberhasilan menanam pohon mangga biar berbuah lebat dan besar.
Selanjutnya mari kita bahas cara menanam pohon mangga yang tepat biar mampu menghasilkan buah mangga ibarat yang diharapkan.

Cara menanam mangga biar cepat berbuah


teknik pemupukan ZPT
Langkah 1. Persiapkan bibit mangga

Bibit mangga buah hasil dari proses cangkok dapat Anda peroleh dari penjual tanaman taman, buah dan sayur. Sehingga Anda tidak perlu melaksanakan pencangkokan sendiri.
Tips : Pilih bibit mangga yang tidak mempunyai cabang namun subur dan batangnya tegak.

Langkah 2. Menyiapkan daerah penanaman

Jika anda sudah menerima bibit yang cocok, cara menanam mangga biar cepat berbuah yang selanjutnya ialah menyiapkan lahan. Hal-hal yang harus anda lakukan adalah:
Membuka lahan, bersihkan lahan anda dari tumbuhan lain yang sekiranya akan mengganggu pertumbuhan pohon mangga anda. Gemburkan lahan jikalau diperlukan.
Membuat jarak antar pohon, jarak yang biasa diberikan ialah sekitar 10 m untuk setiap pohon mangga.

Membuat lubang penanaman berbentuk segi empat dengan ukuran 1 m pada tiap sisinya. Gali tanah setengah meter terlebih dahulu, dan gali setengah meter lagi, pada episode bawah berikan pupuk sangkar dan tutup kembali dan biarkan selama 3 hari.

Langkah 3. Menanam pohon mangga
Buka polybag dari bibit tanaman mangga yang sudah siap dengan cara menyobek/menggunting dan menghilangkan keseluruhan plastiknya. Lakukan dengan perlahan biar tanah dan akar tanaman tidak terganggu. Masukkan bibit ke dalam lubang dengan posisi di tengah lubang dan tutup dengan sisa tanah galian.

Tips: Saat hendak mengurug pohon mangga, sebaiknya gunakan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos. Setelah itu lakukan pemadatan secukupnya. Lakukan penyiraman pagi dan sore hingga bibit benar-benar tumbuh.

Selesai tahap pertama menanam pohon mangga. Berikutnya ke perawatan tanaman pohon mangga biar cepat berbuah.

Cara merawat pohon mangga biar cepat berbuah

Pada umumnya pohon mangga hasil cangkokan setelah ditanam akan menghasilkan buah pada usia 1 tahun hingga 1.5 tahun mulai dari awal penanaman. Namun hal tersebut tergantung dari pertumbuhan tanaman dan pemilihan kualitas bibit. Selain itu juga perhatikan lingkungan dan media tanam pohon mangga. Pohon mangga menyukai struktur kelembaban tanah yang sedang, sehingga tingkat kelembaban tanah harus diperhatikan. Tanah yang terlalu banyak mengandung air cenderung merangsang tanaman untuk memproduksi daun. Sebaliknya jikalau tanah terlampau kering, biasanya bakalan kembang lebih mudah muncul. Tetapi inipun perlu kehati-hatian, alasannya ialah jikalau kadar air dibiarkan terlalu sedikit maka pada ketika kembang telah menjadi bakalan pentil mangga maka akan mudah rontok. Buat bedengan tanah untuk mensiasati hal tersebut.

cara menanam mangga apel
mangga apel
Pohon mangga juga memerlukan nutrisi yang banyak untuk dapat menghasilkan buah yang lebat. Di samping penggunaan pupuk kompos, salah satu pupuk yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus merangsangnya biar cepat berbuah ialah pupuk NPK. Pemberian pupuk ini dilakukan dengan dosis sebanyak 0,25 kg/pohon. Setelah pemupukan lakukan penyiraman pohon mangga setiap 2 kali sehari biar nutrisi pupuknya mampu terserap maksimal.

Selain penggunaan pupuk NPK pemupukan juga dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk lain yang sesuai. Gunakan pupuk dengan kandungan unsur fosfor untuk merangsang tumbuhnya bunga, dan gunakan pupuk dengan kandungan kalium untuk mencegah rontoknya pentil/bakal buah mangga.

Jika cara-cara 'normal' di atas tidak mempan atau kurang maksimal balasannya silahkan melangkah ke teknik berikutnya.

Teknik 'memaksa' pohon mangga berbuah di luar musim.

cara menanam mangga tabulampot
mangga tabulampot
Dengan teknik ini pohon mangga mampu berbuah di luar musim/bahkan 3 kali dalam setahun. Caranya ialah sebagai berikut:

1.  Pruning atau pemangkasan daun, cabang dan ranting, hingga pohon mangga menjadi gundul atau tersisa sedikit daun. Pemangkasan ranting dan dahan yang kurang berkhasiat (mengarah ke dalam, terlalu rapat dan rindang sehingga menghalangi jatuhnya sinar matahari) ditujukan biar alur nutrisi yang dihasilkan oleh tanaman dapat terfokus untuk produksi pembuahan.

2. Stressing air atau tidak menyiram pohon mangga hingga mencapai titik layu permanen, kemudian dengan tiba-tiba melaksanakan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

3. Mengerat kulit pohon melingkar sepanjang bulat pohon hingga kelihatan kayu pohon. fungsinya ialah untuk menghambat pengangkutan zat makanan sehingga terjadi penumpukan zat makanan hasil fotosintesa yang nantinya diharapkan akan memicu tumbuhnya bunga.

4. Melukai kulit kayu dengan cara mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kulit kayu. Kira-kira 3-5 cm dari permukaan tanah, batang utama dibor dengan diameter sebesar pensil. Cara ini hampir sama fungsinya dengan teknik yang pertama.


5. Mengikat bersahabat pohon dengan kawat hingga transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat sehingga menumpuk di percabangan yang berakibat merangsang tumbuhnya bunga.

agar mangga cepat berbuah
buah mangga lebat
Dari kelima cara 'pemaksaan' di atas saya lebih menyarankan untuk melaksanakan yang pertama saja, yakni melaksanakan pemangkasan daun, ranting dan cabang yang dirasa kurang berguna.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, tujuan dari pemangkasan yaitu biar pohon tersebut memiliki bentuk yang proporsional dan dipenuhi cabang-cabang muda yang siap berproduksi. Pemangkasan dilakukan pada episode cabang yang sudah tidak produktif, berusia tua, berpenyakit, dan tumbuh tidak normal. Pemangkasan perlu dilakukan dengan hati-hati. Pilihlah ketika dimana tanaman sedang dalam keadaan sehat dan prima atau setiap kali akhir masa panen pohon mangga.

Aplikasi ZPT untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah


bunga mangga lebat dan subur

Pengaplikasian pupuk ZPT ditujukan untuk merangsang pohon mangga biar cepat berbunga dan  berbuah lebat bahkan meski belum memasuki musimnya berbuah.
Beberapa yang disarankan penggunaannya untuk memunculkan bunga di luar isu terkini ialah Paklobutrazol , Potasium Klorat (KClO3), NAA, Auxin, dan Gibberelin.

- Paklobutrazol berfungsi untuk menghentikan tumbuhnya percabangan dan daun (fase vegetatif ) dan memacu tumbuhnya bunga (fase generatif). Di toko-toko obat pertanian antara lain menggunakan merk Patrol, Cultar, dan Goldstar.

- Potasium Klorat (KClO3) jikalau diaplikasikan dalam takaran yang tepat dapat memicu tumbuhnya bunga.

- NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat). Jenis ZPT ini berfungsi untuk memicu pembungaan yang serempak pada pohon mangga. Pengaplikasiannya dengan cara disemprotkan ke seluruh episode tanaman terutama stomata daun.

- Auxin berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel, pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan akar pada stek batang, dan mencegah gugur daun dan buah. Jarang di pasaran dan mahal.

- Gibberelin berfungsi membuat tanaman berbunga sebelum waktunya, membuat buah berukuran besar dan tanpa biji, dan mempercepat tumbuhnya biji dan tunas. Sama ibarat auxin, mahal dan jarang. Keduanya baik auxin maupun gibberelin lebih cocok diaplikasikan pada tanaman semusim ibarat cabe, tomat, melon, dan semangka.

Demikianlah beberapa tips dan teknik cara menanam mangga yang tepat dan cepat berbuah. Sebaiknya lakukan perawatan yang benar dan intensif supaya tanaman buah mangga dapat tumbuh dengan maksimal sehingga buahnya dapat anda nikmati dengan cepat dan menghasilkan panen banyak.
Terima kasih sudah berkunjung di dan membaca artikel cara menanam mangga biar cepat berbuah lebat dan banyak ini. Semoga ada manfaat yang mampu didapat. Salam.

Tags:

agar mangga lekas berbuah
agar pohon mangga cepat besar dan berbuah
agar tanaman mangga cepat berbuah
cara biar pohon mangga berbuah banyak
cara biar pohon mangga mau berbuah
cara supaya mangga berbuah lebat
merawat pohon mangga biar berbuah
pupuk untuk mangga biar berbuah
supaya pohon mangga berbuah banyak
tips biar mangga cepat berbuah
agar mangga cangkokan cepat berbuah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar