Cara Membuat MOL Sederhana

-- --
Cara Membuat MOL Sederhana | Selamat datang para pecinta tanaman di blog . Pada postingan sebelumnya saya sudah bagikan perihal cara membuat pupuk organik cair dan cara membuat pupuk kompos sederhana.
Pada kedua proses pembuatan pupuk tersebut disarankan menggunakan starter basil untuk mengurai sampah menjadi pupuk kompos. Di toko pertanian bergotong-royong dijual starter siap pakai ibarat EM4 (effective microorganisme 4), tapi kali ini kita akan mencar ilmu cara membuat starter tersebut dengan pertimbangan kepuasan dan penghematan.
Starter/bakteri pemicu buatan sendiri ini biasa disebut dengan MOL (mikro organisme lokal). Bahan yang digunakan untuk membuat MOL sendiri mampu bermacam-macam, tergantung selera. mampu dari nasi, tape, sayuran, bonggol pisang ataupun keong. Namun, pada postingan kali ini kita hanya akan mencar ilmu cara membuat MOL yang bahannya paling mudah didapat, adalah nasi.

Cara membuat MOL nasi

cara membuat mol sendiri

Dalam pembuatan MOL berbahan baku nasi ini, anda mampu menggunakan nasi gres ataupun nasi yang sudah basi. Saya sarankan nasi bau saja. Bukan apa-apa, tapi jika nasi gres mendingan dicarikan ikan asin dan sambal oyek :)
Baiklah, cukup basa-basinya, kita menuju ke langkah-langkah membuat MOL/ starter dalam pengomposan:
- Siapkan nasi bau secukupnya dan bentuk menjadi bulatan-bulatan sebesar kepalan tangan bayi.
- tempatkan bulatan nasi tersebut di dalam wadah plastik/kaleng yang tertutup rapat.
- letakkan kaleng/wadah plastik tadi di daerah yang tidak terkena matahari langsung, diamkan kurang lebih 3 hari.
- setelah tiga hari silakan dicek. Akan tumbuh jamur berwarna kuning, jingga, dan abu-abu.
- Bola nasi yang sudah ditumbuhi jamur/cendawan kemudian masukkan ke dalam botol/wadah plastik.
- buat larutan campuran air dan gula (bisa juga menggunakan sirup). Perbandingannya kurang lebih 1 liter air dengan 4 sendok gula pasir.
- Tuang larutan air yang sudah dicampur gula tadi ke dalam botol/wadah yang berisi nasi jamuran. Jangan lupa ditutup rapat.
- Diamkan lagi campuran nasi dan larutan gula tersebut selama empat-enam hari. Jika berhasil, campuran nasi dan air gula tersebut akan berbau asem ibarat tape.
- MOL sudah mampu digunakan sebagai starter untuk membuat kompos dengan dicampur air. Perbandingan MOL dengan air sebesar 1:5.
Demikianlah teknik/cara membuat MOL sederhana menggunakan materi dasar nasi basi. Nasi bau yang sudah menjadi cairan MOL ini cukup cantik dalam membantu mempercepat proses pembusukan sampah. MOL dari materi nasi bau ini mengandung mikro organisme yang terdiri dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar, mudah didapat tanpa harus mengeluarkan uang banyak.
Saya kira cukup, terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan, utamanya perihal teknik pembuatan basil pemicu/starter dan pembuatan pupuk kompos/ pupuk organik cair, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah postingan ini.
Semoga ada manfaat yang mampu didapat. Salam.

Tag: cara membuat mol sendiri, cara membuat mol sederhana, cara membuat mol nasi, cara membuat mol dari tape, cara membuat mol dari sayuran, cara membuat mol dari keong, membuat mol bonggol pisang, cara membuat pupuk organik.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat MOL Sederhana"


  1. yuk di cob4 g4m3 b4ru (Bandar Poker) dari ionqq,,, ingin jadi bandar segera bergabung bersama kami di ionQQ^c0m|
    n1km4t1 b0nu5 r3f3r4l 20'% dan c4sh b4ck 0'3 % s3ti4p m1ngguny4 * pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus