Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah

-- --
Tanaman Pengusir Nyamuk |

Selamat datang di Berkebun Riang. Kali ini kita akan membicarakan wacana tanam-menanam tanaman di pekarangan rumah, terutama jenis tanaman pekarangan yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk, di samping juga untuk menghijaukan lingkungan sekitar rumah serta menyegarkan suasana. Tidak menutup kemungkinan kalau Anda hidup di perumahan atau pemukiman padat dengan keterbatasan lahan pekarangan, Anda masih tetap dapat menanamnya dengan menggunakan pot ataupun media lain yang memungkinkan.
Geranium atau tapak dara
Geranium atau tapak dara
Beberapa jenis tanaman yang sekiranya sulit didapat tidak saya cantumkan, meskipun mempunyai khasiat mengusir nyamuk yang cukup ampuh. Tanaman-tanaman pengusir nyamuk yang nanti akan kita bahas di bawah ialah jenis tanaman yang banyak terdapat di sekitar tempat tinggal kita dan memungkinkan untuk ditanam dalam pekarangan rumah.

Baiklah mari kita bahas satu persatu, tanaman apa sajakah yang mampu kita tanam untuk mengusir nyamuk yang hendak masuk ke rumah.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk


1. Daun Pandan
Daun pandan tanaman pengusir nyamuk
Daun pandan : tanaman pengusir nyamuk
Tanaman pandan ialah tanaman yang cukup familiar terutama untuk para Ibu-Ibu yang rajin memasak. Selain sebagai penyedap makanan, daun pandan ternyata mampu dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk yang datang ke rumah. Kebetulan di pekarangan rumah cukup banyak saya tanami dengan daun pandan. Sesekali saya memotong 3-5 helai daun pandan berukuran sedang (50 cm), kemudian digunting kecil-kecil dan ditaruh dalam sebuah wadah terbuka. Tempatkan di ruang tamu, kamar tidur atau ruang keluarga, niscaya nyamuk akan enggan berlama-lama di rumah anda. Selain untuk mengusir nyamuk, ternyata aroma belahan daun pandan lumayan enak dijadikan sebagai pengharum ruangan gratis, dan--tentu saja lebih hiegenis.

2. Daun Sirih

Daun sirih tanaman pengusir nyamuk
Daun sirih tanaman pengusir nyamuk
Jaman dulu tanaman pengusir nyamuk ini hampir menjadi tanaman wajib terutama di tempat pedesaaan dikarenakan manfaatnya yang cukup banyak. Salah satu penggunaannya ialah dijadikan sebagai alat "nginang" untuk perempuan sepuh (nenek-nenek). Caranya yaitu daun sirih digelar, diberi tembakau, kapur injet, dan beberapa "bumbu" komplemen lain, kemudian digulung dan dikunyah.
Kegunaan lainnya ialah untuk mencegah digigit nyamuk bagi para perempuan yang kerja di sawah/pergi ke kebun, dengan cara membalurkan daun sirih yang sudah ditumbuk halus  dan diberi sedikit air ke anggota tubuh ibarat tangan, kaki dan leher.

3. Kemangi

 kemangi tanaman pengusir nyamuk
Kemangi tanaman pengusir nyamuk
Pernahkah Anda makan nasi kotak dari catering? Untuk ukuran sederhana, umumnya berisi nasi, lauk, sayur dan lalapan. lalapan yang paling banyak saya ketahui digunakan dalam nasi kotak ialah belahan kol, irisan mentimun dan daun kemangi!
Beberapa sahabat saya memakan semuanya, tetapi untuk saya sendiri lebih sering memakan kol dan mentimunnya saja, sedangkan daun kemangi saya gunakan sebagai bilasan mencuci tangan untuk menghilangkan busuk bacin di tangan.
Nah, selain digunakan sebagai lalapan ternyata kemangi juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk lho. Aromanya cukup khas dan mampu dimanfaatkan sebagai deodorant alami.

4. Selasih

Daun selasih tanaman pengusir nyamuk
Daun selasih tanaman pengusir nyamuk

Tanaman selasih ibarat dengan tanaman kemangi, bahkan sering disebut sebagai kemangi wulung alasannya ialah bunga dan batangnya berwarna ungu.
Daun, bunga dan biji tanaman selasih dapat dimanfaatkan sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Selasih memiliki kandungan materi Eugenol, Linalool dan Geraniol yang dikenal sebagai zat penolak serangga, sehingga zat-zat tersebut juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Bau daun selasih tercium sangat tajam, bahkan kalau tercium agak lama atau disimpan dalam ruangan dapat menjadikan rasa mual, pening dan mampu memabukkan.

5. Rosemary

Rosemary tanaman pengusir nyamuk
Rosemary: tanaman pengusir nyamuk

Tanaman Rosemary mempunyai aroma ibarat minyak telon dan tidak disukai oleh nyamuk alasannya ialah dapat mengacaukan penciumannya. Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini cocok ditanam dalam pot atau di tanah akrab jendela maupun akrab pintu. Perawatannya mudah, dan tahan terhadap serangan hama. Untuk penggunaannya, ambil daun rosemary yang berbentuk jarum kemudian gosokkan ke kulit tangan, kaki, atau leher.

6. Lavender

Lavender tanaman pengusir nyamuk
Lavender: tanaman pengusir nyamuk

Bunga Lavender mempunyai tampilan yang cukup menarik. Bunganya berwarna ungu kecil-kecil dan bergerombol diujung tangkainya. Sedangkan aromanya dapat membuat nyamuk tidak betah. Bunga Lavender dikategorikan tanaman pengusir nyamuk alasannya ialah mengandung 2 zat yang tidak disukai oleh nyamuk yaitu Zat Linalool dan Zat Lynalyl Acetate. Kedua zat inilah yang dijadikan sebagai materi baku pembuatan obat anti nyamuk. Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, minyak ekstrak bunga lavender sering digunakan sebagai materi aroma therapy, materi kosmetik dan minyak esensial.

7. Serai Wangi

Serai wangi tanaman pengusir nyamuk
Serai wangi: tanaman pengusir nyamuk

Umumnya orang-orang menggunakan serai wangi di dikala hari raya idul Adha maupun idul fitri sebagai penyedap kuliner terutama yang mengandung daging. Selain itu, serai wangi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk alasannya ialah di dalam tanaman ini terdapat zat sitronela dan geraniol yang tidak disukai oleh nyamuk. Cara menanamnya pun mudah. Perawatannya juga gampang.

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang mampu anda budidayakan di pekarangan rumah anda. Meski khasiat dan kegunaannya dalam mengusir nyamuk tidak semuanya efektif, tetapi setidaknya ada manfaat lain yang mampu anda dapat dari menanam jenis tanaman di atas. 
Demikian yang mampu saya bagikan. Terima kasih sudah berkenan membaca hingga tuntas, biar ada manfaat yang mampu didapat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam Rumah"

  1. ionQQ,net|kes3mpat4n men4ng bes4r|bany4k bonu5 men4nti anda |player bisa jadi bandar|pin bb : 58ab14f5

    BalasHapus