Manfaat Buah Delima

-- --
Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan | Selamat datang kembali di blog . Kali ini saya akan mengembangkan perihal manfaat buah delima. Pernahkah anda melihat buah delima? Ada yang kulitnya hijau dan daging buahnya kuning. Ada yang warna kulitnya merah delima? dan dagingnya merah merona?. Ada yang warnanya merah gelap. Orang jawa menyebutnya delima wulung. Kebetulan di rumah saya menanam kedua jenis delima tersebut. Yang delima hijau sering berbuah dan tidak mengenal musim. Berbuah sebanyak-banyaknya kemudian setelah matang dan habis dipetik mulai lagi daunnya tumbuh pupus kemudian berbunga lagi.
Delima merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh hampir di mana saja. Seringnya delima ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya.

Selain buah, hampir semua episode tanaman delima juga bermanfaat. Dari mulai akar, biji, daun, bunga, hingga kulit pohonnya. Seringkali orang tak dikenal mampir dan meminta buah delima muda sebagai obat. Tetapi tidak pernah saya bertanya untuk obat apa.
Nah, berikut ini beberapa pola manfaat buah delima sebagai obat tradisional untuk mengatasi aneka macam penyakit yang saya sarikan dari aneka macam sumber:

A. Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan


1. Manfaat Buah Delima

Daging buah delima digunakan untuk mengobati beseren/sering kencing, sariawan, batuk menahun, tenggorokan sakit, bunyi parau, tekanan darah tinggi (hipertensi), cacingan dan perut kembung.
Racikan cara mengobati Sering kencing (beseren)
Ambil isi buah delima (yang segar dan masak, satu buah) dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
Racikan cara mengobati Sariawan
Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2--3 kali sehari, hingga sembuh.
Racikan cara mengobati Batuk menahun
Ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.
Racikan cara mengobati Suara serak, tenggorokan kering
Ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari.
Racikan cara mengobati Cacingan
Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk hingga merata, lalu minum sekaligus.
Jus buah delima
Gunakan jus buah delima untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.
Cara mengobati Tekanan darah tinggi
Jus buah delima jikalau diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik, yang sekaligus akan menjaga kesehatan seluruh tubuh.
Menurunkan berat badan
Zat antioksidan banyak terdapat dalam buah delima, jikalau diminum setiap hari akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Anda bisa memasukkan buah delima ke dalam diet harian Anda untuk menghilangkan kalori ekstra .

2. Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah delima yang rasanya sepet digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir, diare kronis, perdarahan menyerupai wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan dan nyeri lambung.
Cara mengobati Cacingan
Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

3. Manfaat Akar Delima

Akar dan kulit kayu buah delima digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita, batuk, dan diare.
Cara pengobatan Cacingan
Cuci akar delima yang telah dikeringkan, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.
Cara mengobati Keputihan
Rebus kulit delima kering dan herba sambiloto kering dengan satu liter air bersih. Biarkan hingga air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk basuh vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

4. Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga buah delima digunakan untuk pengobatan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.Racikan buah delima fungsinya hampir sama dengan salep untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini disebabkan buah delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi.
Untuk mengatasi Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada episode yang luka.
Untuk mengobati Perdarahan
Rebus bunga delima dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.
Cara mengobati Radang gusi
Cuci bunga delima dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

5. Manfaat Biji Buah Delima

Biji buah delima digunakan untuk menurunkan demam, batuk, mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya, Masukkan debu biji delima kering dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.
Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akhir goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.

B. Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan

Buah delima juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Didalam buah delima terkandung banyak senyawa dan nutrisi menyehatkan, menyerupai zat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan antipenuaan dini. Seringkali buah delima dimasukkan kedalam aneka macam macam produk perawatan kulit.
Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan kulit:

1. Manfaat Buah delima untuk Menyehatkan Kulit

Vitamin C yang terkandung pada buah delima juga berkhasiat untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Minyak Delima berasal dari biji delima, yang dapat diterapkan pada tubuh. Zat anti oksidan akan melindungi kulit dari polusi,  serta mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

2. Manfaat Buah Delima untuk Pengobatan Jerawat

Jerawat bisa disebabkan oleh karena problem pencernaan, atau ketidakseimbangan hormon. Buah delima yang merupakan sumber yang kaya vitamin C , bisa mengatur produksi sebum, ialah zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Delima juga bermanfaat untuk mengatasi problem pencernaan, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Jika Anda mengoleskan jus delima pada tempat yang terkena jerawat, akan mencegah jerawat sekaligus bekasnya dengan menumbuhkan jaringan gres di tempat yang terkena.

3. Manfaat Buah delima untuk Mengatasi Kulit Kering

Struktur molekul buah delima yang kecil memungkinkannya untuk menembus kedalam kulit, sehingga efektif untuk mengobati problem kulit kering. Delima memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kering, pecah-pecah dan iritasi karena mengandung asam punicic atau asam lemak omega5 yang mencegah hilangnya kelembaban dari permukaan kulit.

4. Manfaat Buah delima untuk Kulit Berminyak

Minyak delima juga sangat bagus untuk membantu kulit berminyak, bahkan sering juga digunakan kedalam produk perawatan kulit. Hal ini bertujuan untuk kulit berjerawat, untuk memeranginya jerawat, mengurangi jaringan parut,  dan menenangkan iritasi kulit ringan.

5. Manfaat Buah Delima Sebagai Anti penuaan dini

Buah Delima memiliki sifat anti penuaan, sehingga bisa membantu meremajakan kulit kembali secara internal maupun eksternal. Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akhir proses  penuaan. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis,  yang akan mengurangi atau menunda kulit keriput. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan abadi muda. Juga akan memperpanjang umur fibroplasts, ialah sel yang ikut dalam memproduksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin menunjang kulit supaya memiliki elastisitas, sehingga tetap abadi muda dan meminimalkan terjadinya keriput.

Demikian postingan perihal Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan. Terima kasih sudah mampir di blog dan berkenan membaca. Semoga ada manfaat yang bisa diambil. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Buah Delima"

  1. mari... mari... bermain game bersama kami dan menang kan jackpot nya | p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus