Cara Menyemai Bibit Tomat

-- --
Cara Menyemai Bibit Tomat -
Selamat datang di blog . Kali ini kita akan mencar ilmu cara menanam bibit tomat dari awal. Mungkin Anda gres saja membeli bibit tomat jenis yang mahal sehingga sayang kalau tidak tahu cara menyemai bibit tomat dengan benar. Atau mampu jadi anda sudah mempunyai bibit hasil panen dari menanam tomat sebelumnya yang awalnya beli bibit di pasar sehingga kebingungan cara menanam dari awal.

Jika anda menanam tomat hanya dalam skala kecil, untuk sekedar konsumsi sehari-hari dan penyaluran hobi berkebun maka anda mampu melaksanakan tips berikut dalam menyemai bibit tomat.
Cara Menyemai Bibit Tomat
Cara Menyemai Bibit Tomat

Cara Menyemai Bibit Tomat

Untuk menyemai bibit tomat dalam jumlah sedikit, metode ini cukup praktis dan mudah. Prinsipnya hampir sama menyerupai praktek menanam kacang hijau di kapas jaman kita SMP/SMA dulu.
 
Bahan dan Peralatan:
  • Kapas kotak/kapas pembersih muka
  • Penampan/Wadah kawasan meletakkan kapas. Usahakan mempunyai lubang di bawahnya sebagai jalan pembuangan air yang berlebih.
  • Biji tomat

Cara menanam tomat dari biji

Potong kapas menggunakan gunting menjadi empat adegan yang sama. (ukuran 4x4 cm). Letakkan potongan-potongan kapas ke dalam wadah penyemaian.
Pertimbangan penggunaan kapas kotak ialah biar nantinya kita tidak kerepotan dikala harus memisahkan akar tomat.

Setelah final menata kapas di tempatnya kemudian basahilah kapas dengan air. Usahakan jangan hingga tergenang biar benih tidak menjadi busuk dan bau. 

Setelah itu letakkan bibit tomat ke atas kapas, tiap biji di satu kapas berbeda. Sekali lagi, tujuan tiap potong kapas satu biji tomat ialah biar memudahkan saja dikala pemindahan bibit nantinya.

Letakkan wadah penyemaian di kawasan yang aman dan terlindung dari sinar matahari. Jangan lupa untuk mengeceknya sehari sekali guna memastikan kapas tetap lembab dan mengamati pertumbuhannya. Jika sudah berkecambah dan tumbuh sekitar 10 cm berarti bibit tomat sudah mampu dipindahkan ke pot.

Keuntungan menggunakan metode ini dalam menyemai bibit tomat ialah selain gampang dan praktis juga memudahkan pengontrolan bibit mana yang hidup sehingga lebih mudah memastikan jumlah yang mampu ditanam. Selain itu juga proses germinasi terhitung lebih cepat dibandingkan dengan metode penyemaian di tanah biasa.

Baca juga : cara menanam tomat di polybag

cara menanam tomat yang benar
cara menanam tomat yang benar

Demikian cara menyemai bibit tomat yang mampu aku bagikan, silakan dicoba bila dirasa bermanfaat. Semoga kesuksesan menyertai usaha penanaman anda. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menyemai Bibit Tomat"


  1. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus