Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

-- --
Hidroponik merupakan teknik bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah melainkan air. Teknik bercocok tanam ini begitu populer di kalangan masyarakat perkotaan bagi yang ingin menanam tapi tidak memiliki lahan berupa tanah.

Cara ini sangat digemari oleh masyarakat alasannya caranya yang dapat menggunakan benda bekas dan dapat ditaruh di manapun. Namun, di lain hal Anda juga harus memperhatikan banyak sekali hal kalau Anda ingin melaksanakan cara ini. Pertama, dalam pinjaman nutrisi yang harus tepat, cahaya matahari, dan temperatur di sekitar tanaman. 

Sebenarnya ada beberapa jenis cara dalam bercocok tanam menggunakan cara ini. Tapi yang paling sering di gunakan ialah dua. Diantaranya kedua cara tersebut sebagai berikut:

1. Cara NFT (Nutrient Film Technique)


Cara Nutrien Film Technique satu ini merupakan cara yang populer di banyak sekali negara. Yang memiliki konsep utama menanam dengan akar tumbuhannya berada pada bab nutrisi tapi tidak dalam. Dan juga tetap memperhatikan sirkulasinya supaya tumbuhan menerima nutrisi secara tetap. Dengan oksigen serta air yang tentunya tercukupi bagi tanaman.
Peralatan yang paling mendasari yang dibutuhkan dalam menggunakan teknik menanam hidroponik dengan cara Nutrien Film Technique yaitu tangki di fungsikan sebagai penampung. Pipa/talang serta pompa. Cara membuat kawasan untuk menanam dengan teknik hidroponik menggunakan cara NFT ini, dasarnya dengan menyusun beberapa pipa yang dipersiapkan sebagai kawasan menanam tanaman. Tak lupa ditambah kolam penampung pada bab lebih rendah dan pada bab tingginya diberikan sanggahan dengan tiang tertentu. Setelahnya Anda hanya tinggal memasang pompa supaya mengalirkan air nutrisi supaya alirannya menjadi lebih maksimal.

2. Cara WICK


Cara menanam dengan teknik Hidroponik yang kali ini tidak kalah terkenal dengan cara yang satunya ialah WICK. Cara ini amat digemari oleh banyak orang alasannya selain mudah dapat di buat sendiri. Tentunya tidak mengherankan untuk orang yang gres dalam menanam menggunakan teknik hidroponik menggunakan cara ini. Selain itu, benda benda yang diharapkan untuk menggunakan cara ini sangat gampang didapatkan. Bahkan Anda dapat menggunakan materi bekas yang mungkin sudah tidak terpakai lagi. Karena daripada membuangnya sebaiknya di manfaatkan sebagai benda berkhasiat bukan?
Bahan-bahan tersebut ialah botol air mineral yang berukuran besar, alat pemotong berupa gunting atau pisau dsb, alat untuk membuat lubang dapat berupa solder juga dapat menggunakan paku, sumbu kompor ataupun kain flanel. Serta sebagai media tanamnya, sesuka Anda ingin menggunakan apa, dan yang tak kalah penting ialah air nutrisinya untuk tanaman.

Caranya :
  1. Pertama yang harus Anda lakukan ialah memotong botol bekas sampai menjadi dua bab lalu beri lubang di bab tutup botol.
  2. Satukan kedua bab botol tersebut. 
  3. Pasang sumbu/Kain flanel pada bab lubang tutup botol dan pastikan bahwa sumbu ataupun kain flanel dapat menyerap nutrisi pada botol bab bawah. 
  4. Tanam bibit tumbuhan yang telah Anda tentukan pada bab di atas botol
  5. Masukkan bab di bawah botol dengan nutrisi dan alat untuk menanam hidroponik Anda siap untuk di pakai.

Seperti itulah kedua cara menanam hidroponik menggunakan media air yang paling populer juga sering digunakan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Tidak ada salahnya kalau Anda melaksanakan aktivitas ini untuk mengisi waktu luang, selain merupakan aktivitas konkret tentunya waktu Anda tidak terbuang sia-sia bukan? Juga keuntungannya Anda mampu memperindah suasana rumah Anda dengan tanaman. Silahkan mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air"

  1. mari bergabung dan bermain di ION^QQ (,) com dan raih kesempatan menang lebih besar...
    pin BB : 58ab14f5

    BalasHapus